Kokam Pemuda Muhammadiyah Jepara bersama ormas lainnya mengikuti apel kesiapsiagaan Penanganan Kebakaran Hutan dan lahan di Teluk Awur

JEPARA (SUARABARU.ID)  – Kecamatan Tahunan telah menggelar Apel Kesiapsiagaan Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) pada hari Rabu tanggal 13 September 2023 di halaman kampus Undip Desa Telukawur Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara.

Apel   ini diikuti  Sekcam  Lukman Hakim, SH, MH mewakili Camat Tahunan , Danramil Tahunan Lettu Edi Sulistiyono, SH beserta anggota, Kapolsek Tahunan AKP Sri Retno Biyanti, SH beserta anggota, Kasi Trantib  Suyuti beserta anggota, Kepala Puskesmas Tahunan  Megarini Aries Setiowati,  anggota Damkar, Petinggi Telukawur  Rokhman beserta perangkat Desa,Ormas Kokam PDPM Jepara,  FKPM Desa Langon dan Sukodono dan Banser.

Komando kesiapsiagaan angkatan muda Muhamamdiyah ( Kokam) pimpinan daerah Pemuda Muhamamdiyah ( PDPM) Jepara  pada hari Rabu tanggal 13 September 2023 M,  27 Safar 2445 H, pukul 08.00 –  09.00 WIB bertempat di mengikuti Apel kesiapsiagaan penanganan kebakaran hutan dan lahan (KARHUTLA) Kecamatan Tahunan.

Dalam amanatnya pimpinan apel Sekcam Tahunan Lukman Hakim mewakili Camat Tahunan mengatakan apel kesiap siagaan penanganan kebakaran hutan dan lahan Kecamatan Tahunan ini untuk meningkatkan koordinasi dan sinergi kita dalam upaya penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.

Ia juga menjelaskan, kebakaran hutan dan lahan mengakibarkan beberapa dampak negatif seperti kerusakan ekologis, perubahan iklim serta menimbulkan asap yang dapat mengganggu kesehatan masyarakat dan transportasi darat, laut, dan udara.

“Agar kejadian tersebut tidak terulang, maka kita harus terus bersiaga dan waspada. Berupaya mengantisipasi berbagai kemungkinan sedini mungkin, sehingga peristiwa tersebut tidak terjadi lagi, atau meminimalisir luasan dan dampaknya. Saya berharap satgas kebakaran hutan dan lahan ini dapat bekerja maksimal, efektif, dan efisien, karena akan fokus pada upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan,” pintanya

Sementara Komandan Kokam PDPM Jepara , Bashor Akhirudin menjelaskan  PDPM Jepara mengirimkan lima  anggota yaitu : Supeno, Burhanudin, Handoko , Sugiyono dan Budiono Mashudi.

“Dengan kegiatan ini, Kokam Jepara lebih sadar lingkungan mengingat saat ini musim kemarau. Harapan kami dari BPO Kokam Jepara, para anggota Kokam  daerahnya dekat dengan terdampak suatu saat harus ikut aktif menjaga lingkungan dan ikut menangani KARHUTLA yang terjadi di sekitar daerah terdampak”, ujar Bashor Akhirudin.

Senada dengan Bashor Akhirudin, Supeno anggota Kokam Jepara yang mengikuti kegiatan ini menilai kegiatan ini bagus untuk antisipasi kerawanan kebakaran. ”  Kegiatan ini  sangat bagus, untuk diterapkan di masyarakat untuk mengantisipasi  kebakaran baik di hutan, lahan dan di dalam rumah. Kegiatan ini sebagai ilmu bagi kami relawan dan anggota kokam sebab ilmu yang didapat bermanfaat,” ujarnya .

Saya berharap kegiatan atau  tata cara  antisipasi kebakaran tidak hanya untuk kalangan tertentu tapi semua masyarakat harus tahu  untuk tata cara memadamkan dan menghindari kebakaran dengan benar,”  ujar Supeno.

Hadepe –  Bashor Akhirudin