blank
Petugas Dinkes Grobogan saat melakukan screening terhadap WBP di Lapas Kelas IIB Purwodadi. Foto: Lapas Kelas IIB Purwodadi

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Warga binaan Lapas Kelas III Purwodadi menjalani pemeriksaan oleh Dinas Kesehatan Grobogan selama dua hari, Senin – Selasa, 11-12 September 2023.

Jumlah warga binaa yang diperiksa sebanyak 295 orang. Pada hari pertama, Dinkes memeriksa 200 narapidana. Sisanya dilakukan pemeriksaan di hari kedua.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Grobogan dr Slamet Widodo melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), dr Djatmiko WP, dari total tersebut ada 33 yang harus dilakukan pemeriksaan lanjutan.

“Ada 33 WBP yang dilakukan pemeriksaan lanjutan, kemudian tes cepat molekular,” ujar dr Djatmiko, Rabu, 13 September 2023.

Tidak seperti tes lainnya, tes cepat molekular ini hasilnya bisa diketahui satu hari lagi, Kamis, 14 September 2023 besok.

“Hasil TCM (tes cepat molekular) baru bisa kita ketahui Kamis besok,” ujar dr Djatmiko WP.

Antisipasi TBC

Sementara itu, Plt Kepala Lapas Kelas IIB, Bambang menerangkan, melalui Kasubsie Perawatan mengatakan, screening TBC ini dilakukan untuk mengantisipasi penyakit TBC bagi para Warga Binaan Pemasyarakatan.

“Kegiatan ACF X-RAY, atau screening TBC kita gelar dua hari kemarin, tujuannya untuk pencegahan dan pendeteksi dini TBC bagi WBP Lapas Kelas IIB Purwodadi,” jelas Dinda Sawajua

Pihaknya menjelaskan, untuk keseluruhan screening WBP berjumlah 295 orang. “Semoga hasilnya baik-baik saja dan semua WBP sehat,” jelas Dinda.

Tya Wiedya