Matahari senja tenggelam di Pantai Teluk Awur Jepara. Fotoo: Pantainesia

JEPARA (SUARABARU.ID) – Jepara terkenal dengan banyaknya objek wisata pantai yang memesona serta keindahan alam pantai dengan ombak yang tenang. Tak heran jika banyak wisatawan yang rela datang ke sini untuk menikmati keindahan pantai Jepara yang menawan.

Liburan ke pantai merupakan hal yang paling sering dilakukan orang-orang untuk menenangkan diri. Pantai selalu memberikan kita ketenangan dan rasa bahagia. Segala perasaan sedih yang ada seakan tersapu ombak yang menerjang anda digantikan oleh perasaan baru.

Salah satunya adalah Pantai Teluk Awur. Pantai ini terletak di Desa Teluk Awur, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Destinasi wisata pantai Teluk Awur di Jepara bisa dikatakan tidak pernah sepi pengunjung.

Pantai Teluk Awur mempunyai keindahan yang mempesona dengan hamparan pasir putihnya yang panjang dan airnya yang jernih memikat hati pengunjungnya. Kabupaten Jepara terkenal dengan sajian pantainya yang luar biasa, itulah sebabnya kota ini memiliki banyak pantai yang indah dan mempesona.

Destinasi pantai Teluk Awur yang di landai dengan ombak yang landai ini sangat cocok untuk liburan keluarga maupun komunitas.

Cuma Bayar Parkir Saja

Selain itu tiketnya masuknya sangat murah bahkan gratis di hari biasa dan hanya bayar di akhir pekan. Pengunjung hanya akan dikenai biaya parkir kendaraan saja, maka berlibur di sini dijamin sangat memuaskan.

Tidak hanya masyarakat lokal saja yang datang berkunjung, bahkan juga wisatawan dari luar daerah. Bagi pengunjung dari luar kota tidak perlu khawatir, karena di dekat pantai juga terdapat vila dan hotel.

Harga tiket di pantai teluk awur pada hari Senin – Kamis gratis, harga tiket masuk pada hari Jumat, Sabtu, Minggu Rp 2.000 per orang. Sedangkan untuk parkir dengan membayar Rp. 2.000 untuk motor dan Rp. 5.000 untuk mobil.

Pantai Teluk Awur memiliki hamparan pasir putih yang panjang dan perairan yang indah dengan air yang jernih. Tempat wisata ini merupakan pantai yang landai, dengan ombak yang halus, pantainya jernih dan cocok pengunjung bisa bermain air atau berenang, tapi juga harus memperhatikan pembatasan yang di kasih oleh penjaga pantai. Pantai ini juga dapat digunakan untuk berolahraga. Di sepanjang pantai terdapat warung makanan dan minuman dengan gazebo.

Indahnya Matahri Terbenam

Mengunjungi Pantai Teluk Awur, saat senja, kitab isa menikmati suasana matahari tenggelam di cakrawala. Maka banyak anak muda yang mengunjungi pantai Teluk Awur pada saat sore hari karena ingin menyaksikan indahnya pemandangan sunset. Banyak anak muda yang ingin menghabiskan waktunya untuk ber foto–foto dengan senja dan membuat video.

“Pantai ini sangat cocok untuk menikmati indahnya pemandangan, dan bisa menggilangkan rasa penat ketika sedih bahkan bisa menyaksikan sunset pada sore hari bersama pasangan, bahkan aku kerap ke sini menghabiskan waktu bersama pasangan dan ditambah lagi dengan cafe yang berada di arah Pantai,” ujar Andre, seorang wisatawan.

Di Kawasan Pantai Teluk Awur juga ada restoran yang menjorok ke arah laut, yaitu Ocean View Residence. Konsepnya asri, terletak di atas jembatan yang membentang seperti dermaga, yang di dalamnya terdapat banyak tempat duduk bersantai sambil menyatap makanan yang tersedia.

Menikmati senja di Pantai Teluk Awur Jepara. Foto: Dinita Charissa Ludviana

Pemandangan yang ditampilkan sungguh luar biasa, anda bisa melihat laut yang tenang tanpa diganggu oleh apapun. Apalagi pada saat malam tiba, lokasi ini akan semakin romantis.

“Café ini memiliki pemandangan yang sangat indah, disini banyak berbagai makanan mulai dari seafood, bahkan disni juga tersedia makanan ringan atau cemilan, tempatnya sangat nyaman dan pas dibuat qualitime buat pasangan, keluarga bahkan teman – teman, apalagi ditambah denggan hembusan angin dan di hiasi oleh lampu – lampu bikin suasana tambah indah. Tidak hanya itu saja pantai ini juga terdapat penginapan di sekitar Pantai Teluk Awur,” ujar Rama, pengunjung kafe.

Jadi, jadwalkan waktunya untuk berkunjung ke Pantai Teluk Awur, Jepara.

Dinita Charissa Ludviana- Mg