blank
Rektor USM Dr Supari ST MT foto bersama peserta seusai penutupan Pelatihan Auditor Mutu Internal pada 8 - 9 September 2023 di Hotel Dafam Semarang. (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Badan Penjaminan Mutu (BPM) Universitas Semarang mengadakan Pelatihan Auditor Mutu Internal pada 8 – 9 September 2023 di Hotel Dafam Semarang.

Kegiatan ini merupakan Pelatihan Batch 2 yang diikuti Kaprodi, Sekprodi, Gugus Kendali Mutu (GKM) Fakultas dan program studi yang belum mengikuti di Batch 1, ditambah dengan dosen tetap dari masing masing program studi.

Pelatihan ini menghadirkan nara sumber dari Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Hari Prasetyo, ST, MT, PhD.

Kegiatan dibuka Wakil Rektor I USM, Prof Dr. Ir. Sri Budi Wahjuningsih, MP.

Dalam sambutannya, Prof Budi mengatakan, pihaknya mengapresiasi pelatihan auditor tersebut karena sesuai harapan Rektor, setiap tahun ada penambahan jumlah Auditor Mutu Internal.

Ketua BPM USM Dr. Ardiani Ika Sulistyawati, SE, MM, Ak, CA mengatakan, Pelatihan Batch 2 ini diikuti 31 peserta. Sebelumnya, pada Pelatihan Batch 1 telah lulus sebanyak 38 Auditor Mutu Internal.

”Kami berharap, dengan Pelatihan Auditor Mutu Internal ini budaya mutu akan dapat terwujud di setiap progran studi,” katanya.

Dia menambahkan, hari pertama pelatihan auditor mutu internal, peserta wajib mengikuti pre-tes dan dilanjutkan materi dari narasumber tentang kebijakan SPM, SPMI, SPME.

Setelah itu dilanjutkan teori Audit Mutu Internal, Perencanaan dan Pelaksanaan Audit Mutu Internal.
”Selanjutnya dilakukan Praktik Audit di hari ke 2 dengan mendatangkan kaprodi sebagai auditee pada saat simulasi. Setelah selesai paktik audit, katanya, peserta dipandu dalam pembuatan laporan hasil audit, teori kode etik auditor dan diakhiri dengan post-test,” ujarnya.

Kegiatan ditutup Rektor Universitas Semarang, Dr. Supari ST, MT. Dalam sambutannya, Rektor mengatakan, pihaknya mengapresiasi seluruh peserta yang dengan serius mengikuti kegiatan hingga selesai.

”Kami berharap, dengan bertambahnya jumlah auditor menjadi 69, budaya mutu USM akan semakin meningkat yang selaras dengan semangat menuju USM Unggul,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu Rektor memberikan surprise hadiah berupa uang tunai kepada 3 peserta dengan nilai terbaik yaitu Wahjoerini, ST, MT (Prodi PWK), Dr. DC Kuswardhani, MM (Prodi S2 Magister Manajemen) dan Dhian Indah Astanti, SH, MH (Prodi S1 Hukum).

Muhaimin