blank
Sejumlah pekerja terus menyelesaikan pengerjaan panggung utama acara Terima Kasih Jawa Tengah yang berada di tengah - tengah halaman Kantor Gubernur Jateng Jalan Pahlawan, Senin (4/9/2023) sore. (foto HP)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Ajang pesta rakyat bertajuk “Terima Kasih Jawa Tengah”, akan digelar di kompleks Kantor Gubernur Jawa Tengah, Selasa (5/9/2023) siang.

Acara ini merupakan hajatan dalam rangka melepas purna bakti Ganjar Pranowo – Taj Yasin Maimoen sebagai gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah.

Berkenaan adanya kegiatan tersebut, Dinas Perhubungan Kota Semarang telah siap melakukan rekayasa lalu lintas, khususnya di jalan protokol depan Kantor Gubernur Jawa Tengah.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang, Danang Kurniawan, menjelaskan terkait adanya pengalihan ruas di jalan protokol di depan Kantor Gubernur Jawa Tengah.

“Rekayasa lalu lintas dilakukan karena panggung acara direncanakan di sekitar Jalan Pahlawan. Selain itu, acara tersebut akan dihadiri loleh ebih kurang 50 ribu orang,” katanya, Senin (4/9/2023).

Dirinya menyebut, pengalihan yang diterapkan Jalan Pahlawan mulai dari Rimba Graha hingga bundaran air mancur akan ditutup selama penyelenggaraan acara berlangsung.

“Pengalihan arus lalu lintas, dimulai pada Senin malam (4/9/2023), kondisional sekitar pukul 22.00-24.00 WIB. Ini karena ada aktivitas bongkar muat di sekitar ruas Jalan Pahlawan. Pengalihan arus akan dilanjutkan hingga Selasa (5/9/2023) malam (dini hari), guna pembersihan area,” katanya.

Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk menghindari Jalan Pahlawan atau mencari alternatif jalan lain. Danang menyebut, pihaknya telah menyiagakan 70 petugas dari Dishub Kota Semarang di titik-titik yang telah ditentukan. Selain itu, petugas juga berasal dari unsur kepolisian.

Terkait lokasi parkir, telah disiapkan sejumlah tempat. Di antaranya, di bekas Wonderia yang berkapasitas 70 bus/truk, TBRS berkapasitas 10 bus, Taman Makam Pahlawan berkapasitas 25 bus sedang.

Selain itu, ada kantong parkir Lapangan Garnisun dengan kapasitas 25 bus/truk sedang, serta lokasi parkir di sepanjang tepi Jalan dr. Cipto yang diperkirakan dapat menampung sekitar 120 bus/ truk.

Danang menjelaskan, nantinya akan diberlakukan sistem drop off (titik turun), bagi peserta acara. Mereka diturunkan di dekat lokasi acara, untuk kemudian meneruskan perjalanan berjalan kaki.

Sementara, semua kendaraan pengantar yang membawa rombongan pengunjung acara akan diarahkan menuju kantong-kantong parkir yang telah tersedia.

Untuk kendaraan pribadi, disediakan kantong parkir di kompleks Tri Lomba Juang dan sepanjang tepi Jalan Tri Lomba Juang (sejajar satu lapis). Ada pula lokasi parkir mobil pribadi di SMA Negeri 1 Semarang, dan sepanjang tepi jalan Taman Menteri Supeno (sejajar satu lapis).

“Untuk kendaraan pribadi yang parkir di Tri Lomba Juang, disediakan mobil golf yang akan mengantar ke lokasi acara,” paparnya.

Sementara itu, bagi pegawai yang bekerja di sekitaran Jalan Pahlawan, mereka dipersilakan mengakses jalan alternatif yang ada di ruas jalan tersebut, seperti di Jalan Imam Bardjo dan Jalan Kusumawardani.

Sebagai informasi, ajang “Terima Kasih Jawa Tengah” itu, nantinya akan dimeriahkan oleh penampilan berbagai band dan penyanyi kondang. Di antaranya Ndarboy Genk, NDX AKA, Aftershine, Woro Widowati, dan Vicky Prasetyo.

Direncanakan akan ada 160 UMKM di pedestrian Jalan Pahlawan, yang akan menyediakan 40.000 porsi makanan. Selain itu, akan ada dapur umum, di halaman Kantor Telkom yang mempersiapkan 10.000 porsi nasi.

Hery Priyono