blank
UKM Rocsu USM menampilkan performa robot seni tari di hadapan mahasiswa baru dalam Pakem di Gelora USM pada 4 September 2023. (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Sebanyak 33 Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Semarang (UKM USM) saling menampilkan performa di hadapan para mahasiswa baru dalam Pengenalan Akademik dan Kegiatan Mahasiswa (Pakem) USM 2023 di Gelora USM pada 4 September 2023.

Pakem yang diselenggarakan mulai Sabtu (2/9/2023) hingga Senin (4/9/2023) itu diikuti 4.468 mahasiswa baru. Dari jumlah itu sebanyak 2.500 mahasiswa mengikuti kegiatan secara offline, sedangkan 1.968 mahasiswa mengikuti secara online.

Ke-33 UKM USM yang menampilkan performa masing-masing yaitu, UKM Pengawal Ideologi Bangsa (PIB), Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), Pramuka, Resimen Mahasiswa (MENWA), English Club (Epic), Pusat Informasi dan Layanan Konseling (Pilus), Kelompok Studi Perpajakan (KSP), Opini Pers dan Jurnalistik (Optimus), Robotic (Rocsu), Forum Komunikasi Mahasiswa Islam (Fokmi), Persekutuan Mahasiswa Kristen (PMK), Pelayanan Rohani Mahasiswa Katholik (PRMK), Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala), Kelompok Studi Sosial Ekonomi (KSSE), Korps Sukarela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI), Koperasi Mahasiswa Kopima, Smart Preneur Community (SPC), Basket, Bulu Tangkis, Voli, Tenis Meja, Sepak Bola dan Futsal, Pencak Silat, Taekwon-Do, Karate, Panahan, E-Sport, Fotografi (Focus), Karawitan, Paduan Suara Sapta Gita Jaya (PSM), Podcast dan Radio Mahasiswa (Promise), Tari, dan Musik.

Wakil Rektor III USM, Dr Muhammad Junaidi SHI MH mengatakan, kegiatan Pakem di hari terakhir ini dikhususkan pada pengenalan organisasi mahasiswa yang ada di USM.

“Pilihan yang tepat sudah memilih USM. Saat ini USM berada di peringkat 2 perguruan tinggi swasta dengan mahasiswa terbanyak di Jawa Tengah. Manfaatkan dengan sungguh kuliah di USM,” katanya.

Menurut Junaidi, mahasiswa baru disuguhkan dengan berbagai UKM yang ada sehingga dapat mengembangkan kemampuan dan skill sesuai dengan minat serta bakat masing-masing.

“Pakem USM hari ketiga merupakan hasil inisiatif dari yang saya sebut anak-anak muda USM. Mereka berfikir bahwa mengenalkan organisasi mahasiswa, menciptakan sesuatu bentuk kreativitas mahasiswa merupakan salah satu elemen penting yang harus ada didalam pemikiran agar terus dapat diwariskan,” pungkasnya.

Muhaimin