blank
Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin Senin (28/8) menyerahkan penghargaan kepada Bripda Rizal Irawan Kusuma, atlet judo yang meraih medali emas Porprov 2023.(Foto:SB/Humas Polres Kbm)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Mungkin banyak yang belum tahu, dari enam medali emas yang diraih Kabupaten Kebumen pada Porpov XVI Jateng, satu disumbang dari cabang judo.

Hebatnya,  pejudo yang sukses menyumbangkan emas bagi kontingen Kebume nitu adalah Bripda Rizal Irawan Kusuma (22), personel Polres Kebuumen.

Tentu berkat prestasinya Rizal mampu mengharumkan nama Kebumen sekaligus mendongkrak posisi kontingen daerahnya pada Porprov yang berlangsung 5-11/8 di Pati Raya tersebut. Rizal, pemuda kalem namun gagah itu sehari-hari merupakan personel Sat Samapta Polres Kebumen.

blank
Bipda Rizal Irawan Kusuma, pejudo Kebumen peraih emas kelas 81 Kg Porprov 2023 sedang beraksi.(Foto:SB/Humas Polres Kbm)

Pada apel, Senin (28./8), secara khusus Bripda Rizal pun menerima penghargaan dari Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin saat apel jam pimpinan di halaman Mapolres, Jalan Tentara Pelajar.

Di hadapan para peserta apel terdiri atas pejabat utama Polres, para Kapolsek serta personel Polres Kebumen, Bripda Rizal menerima piagam penghargaan yang bisa digunakan untuk menunjang karier ke depan.

“Telah kita saksikan semua, salah satu personel yang berprestasi. Yang bersangkutan Juara 1 tingkat Provinsi. Penghargaan ini bisa menjadi bekal bagi yang bersangkutan, baik tingkat provinsi, atau pun di lingkungan Polri,”jelas AKBP Burhanuddin.

Menurut Kapolres, penghargaan dalam institusi Polri merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi personel, karena sebuah prestasi yang berhasil diperoleh melalui kerja keras.

Penghargaan juga termasuk dalam 13 aspek komponen penilaian kinerja personel Polri yang dikelolah oleh SDM Polri yang berbasis IT, sebagai syarat naik pangkat ataupun sekolah Perwira bagi yang masih Bintara.

“Ke depan, jika mau sekolah (sekolah inspektur polisi), piagam penghargaan bisa dilampirkan untuk kelengkapan administrasi. Jadi sangat berguna bagi karier personel,”ujar Kapolres memberi semangat.

Kapolres pun berpesan, berprestasi dalam hal positif harus selalu ditingkatkan. Sebagai anggota Polri, harus memiliki kebanggaan terhadap pekerjaan, serta menghindari segala pelanggaran.

Bripda Rizal merupakan putra daerah Kebumen asal Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah.  Saat dikonfirmasi mengatakan, ia sejak lama menyukai olah raga judo. Di tengah kesibukannya sebagai anggota Polri, pemuda 22 tahun itu selalu menyempatkan untuk berlatih keras.

Latihan kerasnya pun berbuah manis ketika ia berhasil memperoleh Juara 1 pada Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) XVI Jawa Tengah 2023 cabang Judo kelas 81 Kg.

Selamat untuk Rizal. Anak bungsu pasangan Sidjo dan Supinah ini pun menjadi salah satu penyumbang medali emas untuk atlet pengiriman Kabupaten Kebumen.

Komper Wardopo