blank
Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat saat hadir dalam acara Muskab ke-V PKKW di Gedung Adipura. Foto : SB/dok Diskominfo

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Ary Umaryadi, Kepala Desa (Kades) Binangun Watumalang Wonosobo terpilih sebagai Ketua Persatuan Kepala Desa Kabupaten Wonosobo (PKKW) periode 2023-2026 atau untuk jabatan tiga tahun ke depan.

Dia terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Kabupaten (Muskab) PPKW ke-V tahun 2023 di Gedung Sasana Adipura Kencana Rabu (23/8/2023). Muskab bertema “PKKW Kompak Bersatu untuk Wonosobo Lebih Maju”.

Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat yang membuka Muscab PKKW, mengatakan Kades dan Perangkat Desa memiliki peran yang sangat vital dan strategis dalam membangun Wonosobo. Dia meminta PKKW selalu kompak membawa kemajuan pembangunan desa.

“Pasalnya, dengan menjaga profesionalisme, kekompakan dan kesolidan antara keduanya menjadi modal dasar dalam menyukseskan penyelenggaraan pemerintah desa,” ujar dia.

Selain itu, Afif menilai dengan kebersamaan yang terjalin baik akan menjadi kekuatan di tubuh pemerintah desa dalam melangkah, menggapai target yang telah ditetapkan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Untuk mewujudkan desa yang maju, mandiri dan sejahtera terlebih dahulu harus tercipta sinergitas antara Kades dengan Perangkat Desa. Mereka merupakan pendorong kemajuan desa,” ungkapnya.

Program Strategis

blank
Pelaksanaan Muskab PKKW ke-V di Gedung Sasana Adipura Kencana Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka

Berbicara tentang kesejahteraan, lanjutnya, tentu tidak terlepas dari program strategis nasional yang saat ini berfokus pada pengentasan kemiskinan ekstrem, stunting dan pemulihan ekonomi nasional.

Bupati juga meminta peran para perangkat desa yang tergabung dalam PKKW sanggup bekerja keras, ikhlas dan tuntas dalam membantu mewujudkan Wonosobo yang bebas stunting, zero kemiskinan ekstrem, dan menyediakan pelayanan publik yang optimal.

Melalui momentum ini, Afif berharap, akan melahirkan keputusan strategis organisasi, baik terkait dengan kepengurusan, program-program kerja dan rekomendasi yang berguna bagi anggota dan organisasi. juga bagi kemajuan, kemandirian dan kesejahteraan masyarakat Wonosobo.

“Gunakan wadah ini dengan sebaik-baiknya untuk hal-hal yang inovatif. Bukan sebaliknya hanya untuk menunjukan eksistensi tanpa adanya perubahan ke arah yang lebih baik,” pintanya.

Ketua Panitia Muskab ke-V PKKW Wonosobo, Lukito Aji menyampaikan, Muskab PKKW ini merupakan wujud demokrasi internal yang bertujuan untuk mengoptimalkan anggota, dimana keberadaannya sangat strategis di desa masing-masing.

Kades dan Perangkat Desa yang tergabung dalam PKKW merupakan potensi yang sangat besar sebagai sumber daya manusia untuk berkontribusi mengantarkan masyarakat Wonosobo yang damai, bermartabat dan sejahtera.

Muharno Zarka