ilustrasi tanaman sarang semut. Foto: greenes

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Sarang semut atau dengan nama lain Myermecodia Pendans merupakan sejenis tanaman efifit yang hidup menempel pada batang pohon besar. Dinamakan sarang semut karena batang tanaman ini mengembung dan kalau dibelah batang tanaman ini akan nampak rongga-rongga.

Selain sebagai sumber antioksidan yang cukup tinggi, sarang semut juga bermanfaat sebagai antibiotik tubuh.

Tumbuhan sarang semut umumnya hanya memiliki satu batang yang jarang bercabang serta mempunyai ruas yang tebal dan pendek. Pada ujung tumbuhan ini terdapat daun yang tebal. Batang bagian bawahnya secara progresif menggelembung membentuk umbi atau hipokotil

Secara morfologi, tanaman sarang semut berbentuk bongkol bulat lonjong dan tidak beraturan, dengan diameter 6-10 cm dan panjang bongkol yang mencapai 13 cm. Bongkol tanaman ini berwarna hijau kecokelatan dengan tekstur permukaan berduri, sementara tata letak daun melingkar.

Baca Juga: Tips Mudah Merawat Tanaman Dalam Rumah

Tanaman sarang semut mengandung berbagai jenis senyawa fitokimia alami berupa polifenol, saponin, asam amino, fenolat, serta tanin yang memiliki beragam manfaat bagi tubuh. Atas alasan inilah, tanaman sarang semut sering digunakan oleh masyarakat sebagai media pengobatan herbal.

Dilansir dari Suara.com, berikut beberapa manfaat potensial tanaman sarang semut bagi kesehatan.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan saponin dan polifenol pada tanaman sarang semut memiliki peranan penting dalam menjaga sekaligus meningkatkan sistem imun tubuh. Pasalnya, sel-sel tubuh memiliki reseptor yang bisa mengenali senyawa fitokimia dari tumbuhan, seperti polifenol dan saponin.

Baca Juga: Tips Merawat Tanaman Dengan Area Sempit

Ketika sel-sel ini menyerap polifenol, maka sistem imun akan bereaksi dan meningkatkan kemampuannya dalam menghalau radikal bebas penyebab infeksi dan kanker, seperti dilansir pada Journal Of Immunology Research (2018).

2. Mencegah Kerusakan Sel Tubuh

Selain meningkatkan imun, kandungan polifenol, saponin dan fitokimia lainnya bisa mencegah kerusakan sel dalam tubuh. Karena bersifat sebagai antioksidan.

3. Mengurangi Inflamasi

Kandungan fitokimia pada sarang semut juga memiliki efek antiinflamasi yang bisa mempercepat penyembuhan penyakit infeksi. Terutama pada kasus luka luar, atritis, dan penyakit kardiovaskular.

Baca Juga: Cara Cepat Mencangkok Tanaman

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Tanaman sarang semut diketahui mampu mencegah penggumpalan darah. Dengan begitu, aliran darah menjadi lancar dan oksigen bisa diantarkan ke seluruh bagian tubuh. Alhasil, kesehatan jantung akan terjaga dengan baik.

5. Bantu Atasi Rematik

Rematik merupakan jenis penyakit yang menyerang persendian tubuh, dengan memicu peradangan dan rasa nyeri yang mengganggu. Menurut riset ilmiah dari International Journal of Molecular Sciences (2021), kandungan flavonoid pada sarang semut dapat mengurangi peradangan pada sendi karena memiliki efek antiinflamasi.

Ada beberapa cara untuk mengonsumsi tanaman sarang semut dengan benar. Pertama, Anda bisa mengolahnya menjadi teh herbal dengan merebusnya terlebih dahulu. Kedua, Anda bisa membeli suplemen sarang semut di toko-toko herbal dengan memastikan produk telah terdaftar di BPOM. Ketiga, Anda bisa mengonsumsi ekstrak sarang semut sebagai tambahan pada makanan dan minuman.

Itulah tadi pembahasan tentang lima manfaat sarang semut bagi kesehatan. Semoga bermanfaat!

Claudia