blank

 

BOYOLALI (SUARABARU.ID): Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) 2023 Universitas Slamet Riyadi Surakarta (UNISRI) kelompok 17, salah satu mahasiswa KKN dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Bimbingan dan Konseling (BK) yaitu Devi Amanda Mayasari melaksanakan kegiatan ecoprinting menggunakan tote bag dengan menggunakan teknik pounding yaitu pemanfaatan hasil alam dari daun-daun yang berada disekitar bersama siswa siswi kelas 3 4 5 6 SD Negeri 2 Babadan, Kelurahan Babadan, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali.

blank

Teknik pounding ini merupakan teknik memukul daun atau bunga ke atas kain menggunakan palu atau batu untuk mengekstrak pigmen warna. Alasan memilih pounding ini, selain mudah untuk dilakukan yaitu dengan menggunakan teknik ini dapat juga mengasah motorik siswa dengan cara memukul daun dengan palu atau batu keatas kain yang sudah ditaruh daun dan dialasi plastik agar daun tidak lengket diulekan.

Dengan mengenalkan ecoprinting kepada siswa siswi dapat menambah pengetahuan siswa mengenai alam, bahwa dari alam kita bisa menghasilkan sebuah karya dengan kreativitas yang bagus. Siswa siswi sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ecoprinting ini dengan teknik pounding, hal ini juga dapat menambah kegiatan siswa yang bukan hanya belajar di dalam kelas, tetapi juga belajar memanfaatkan hal-hal yang ada disekitar. Tujuan diadakan kegiatan ini adalah sebagai alat edukasi yang menarik untuk memperkenalkan anak-anak kepada keanekaragaman hayati dan sumber daya alam disekitar mereka serta memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengeksplorasi kreativitas dan mengembangkan imajinasi melalui karya seni yang unik.

Kegiatan ini melibatkan siswa SD Negeri 2 Babadan secara langsung dalam pembuatan ecoprinting dan dilaksanakan dengan menggunakan media tote bag agar hasil karya tersebut dapat diapresiasi dan dibawa pulang dengan bangga oleh setiap siswa. Dalam kegiatan ini berlangsung dengan lancar dan tidak ada hambatan. Selain itu siswa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini, karena kegiatan ini dilakukan di luar kelas dan belum pernah dilakukan sebelumnya. Sehingga dengan kegiatan ini menambah wawasan dan pengalaman bagi siswa siswi SD Negeri 2 Babadan Boyolali.