blank
PAPARAN - Kepala UPTD TWL Pantai Pasir Kencana Pekalongan, Aan Cholifah tengah menyampaikan paparan kepada para stakeholder terkait baik para pelaku usaha kepariwisataan, biro tour, OPD, event organizer (EO), dan sebagainya. (foto: dinkominfo)
KOTA PEKALONGAN (SUARABARU.ID) – Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga (Dinparbudpora) Kota Pekalongan melalui UPTD Taman Wisata Laut (TWL) Pantai Pasir Kencana menggagas sebuah sistem informasi kepariwisataan yang diberi nama E-Sila Forwise. Launching Esila Forwise menyasar kepada para stakeholder terkait baik para pelaku usaha kepariwisataan, biro tour, OPD, event organizer (EO), dan sebagainya, berlangsung di Obyek Wisata TWL Pantai Pasir Kencana Pekalongan, Selasa (22/8/2023).
Kepala UPTD TWL Pantai Pasir Kencana Pekalongan, Aan Cholifah menjelaskan bahwa, E-Sila Forwise merupakan sebuah sistem informasi layanan wisata berbasis website yang digagas oleh TWL Pantai Pasir Kencana Pekalongan untuk meningkatkan promosi kepada stakeholder terkait.
“Layanan ini dimanfaatkan untuk memberikan informasi dan mengenalkan kepada para stakeholder terkait seputar pariwisata Pantai Pasir Kencana, yang saat ini kita lihat masih belum terlalu update, belum bisa diakses secara online,” terangnya.
Aan menyebutkan, adapun fitur-fitur dalam website E-Sila Forwise diantaranya  terkait penyajian informasi transparansi secara UPTD kepada para stakeholder bahwasannya, ada dasar hukum, regulasi, untuk meningkatkan kepercayaan dari para pelaku usaha pariwisata agar mereka tidak ragu saat ingin bekerjasama dengan TWL Pantai Pasir Kencana ketika akan menyelenggarakan event-event di obyek wisata tersebut. Dengan adanya website ini, Aan berharap, E-Sila Forwise bisa menjadi media yang informatif kepada para stakeholder baik pengunjung, wisatawan, EO,  vendor-vendor kepariwisataan, dan sebagainya dari luar daerah bisa mendapatkan informasi yang memadai terkait TWL Pantai Pasir Kencana sehingga hal ini akan menjadi suatu upaya untuk meningkatkan promosi wisata di Kota Pekalongan, khususnya Obyek Wisata TWL Pantai Pasir Kencana.
“Di situ juga ada menu layanan, fasilitas, produk atau kegiatan apa saja yang bisa difasilitasi di TWL Pantai Pasir Kencana. Sehingga, diharapkan lebih banyak lagi stakeholder yang bisa berkolaborasi bersama untuk menyelenggarakan sejumlah kegiatan di TWL Pantai Pasir Kencana. Hal ini tentu bisa mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Pekalongan Tahun 2023,” pungkasnya.
Nur Muktiadi