SUARABARU.ID Mahasantri Fakultas Teknik (FT) dan Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi (FBIK) Unissula ikuti pesantren mahasiswa gelombang terakhir 2022. Wakil Rektor III Unissula Muhammad Qomaruddin ST MSc PhD mengungkap tujuan pesantren untuk penguatan ruhiah mahasiswa. “Di Unissula ini kita mengenal Budaya akademik islami (Budai). Jadi visi kita adalah bismillah membangun generasi khaira ummah (generasi terbaik). Pesantren ini salah satu upaya kami menginternalisasikan nilai-nilai Budai,” ungkapnya di masjid Abu Bakar Assegaf Unissula, Senin (21/08/2023).

Karena menurutnya permasalahan bangsa Indonesia saat ini bukan pada kekurangan orang pintar. “Tetapi kekurangan orang pintar yang memiliki akhlakul karimah (akhlak yang baik),” lanjutnya.

Selanjutnya Habib Jakfar Shodiq Al Munawwar memaparkan beberapa amal yang dicintai Allah SWT. Pertama sholat tepat waktu. “Karena yang menjadi perbedaan kita dengan nonmuslim adalah sholat. Dan sholat yang pertama kali akan dihisab di alam kubur. Maka siapa yang sering menunda-nunda sholat, jangan harap apa yang menjadi cita-cita kita apa yang menjadi harapan kita akan tercapai. Jangan heran jika cita-cita kita juga akan diundur-undur oleh Allah SWT,” jelasnya.

Amalan selanjutnya adalah birrul walidain (berbuat baik kepada kedua orang tua). “Begitu tingginya derajat bakiti kepada orangtua, sampai-sampai Allah menggandengkan setelah Allah memerintahkan kepada kita untuk menyembah Allah, selanjutnya langsung perintah untuk berbuat baik kepada orangtua,” jelasnya.

Sehingga apabila telah berbuat baik kepada orang tua maka selanjutnya akan mendapatkan perlakuan baik dari anak. “Kalau kita tidak baik kepada orang tua, maka nanti anak kita juga akan berbuat tidak baik kepada kita. Semoga kita bisa membahagiakan orang tua kita. Orang tua yang tidak hanya yang telah melahirkan kita, namun juga guru-guru kita yang mengajari kita,” pungkasnya.