blank
Caleg PAN tingkat pusat, Sunarmin (ketiga dari kiri) menyerahkan tokoh wayang Bima kepada Dalang Ki Tunjung Sri Widodo (busana kejawen). Ikut mendampingi Ketua DPD PAN Wonogiri Sardi (kesatu dari kiri).(Dok.DPD PAN Wonogiri)
WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Wayang kulit semalam suntuk lakon Bima Singit, dipentaskan oleh Dalang Ki Tunjung Sri Widodo dan Ki Setyo Nugroho, sejak Sabtu malam (19/8) sampai Minggu dinihari (20/8).

Pentas wayang yang digelar di Dusun Tanjung, Desa Ounduhsari, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri ini, dimeriahkan Bintang Tamu Uud Salsabila dari Yogyakarta dan Gareng Paranggupito. Diawali penyerahan tokoh wayang oleh Caleg PAN pusat Sunarmin SE, MM.

Kedua bintang tamu itu, tampil menghibur dengan aneka lawakannya yang segar. Itu dilakukan, saat masuk dalam episode Limbukan dan Gara-gara keluarga para Panakawan, yang menampilkan beragam sajian gecul (jenaka).

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Wonogiri, Sardi SE, menyatakan, pentas wayang tersebut dalam rangka memeriahkan peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI Tahun 2023, dan HUT Ke-25 Partai Amanat Nasional (PAN).
Nguri-uri Budaya

Sardi yang menjabat sebagai Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Kabupaten Wonogiri, menyebutkan, event wayangan itu sekaligus dalam ikut serta nguri-uri budaya adi luhung bangsa. Sebagaimana diketahui, wayang telah diakui sebagai maha karya warisan dunia.

United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), organisasi Internasional yang bergerak pada bidang pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan, pada Tanggal 7 Nopember 2003 menetapkan wayang sebagai Masterpiece of The Oral and Intangible Heritage of Humanity. Wayang sebagai Mahakarya Warisan Kemanusiaan Lisan dan Nonbendawi dari Indonesia.

Hadir dalam pementasan wayan di Desa Punduhsari, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri tersebut, Caleg DPR-RI dari PAN terdiri atas Sunarmin SE, MM, Priyo Budi Santoso SE, MM dan Mayjen (Purn) Sudibyo.

Juga hadir Caleg PAN untuk DPRD Provinsi Jateng, Sardi SE bersama semua Caleg PAN yang maju di DPRD Kabupaten Wonogiri bersama para pengurus DPD, DPC dan para Kader PAN se Kabupaten Wonogiri.
Bambang Pur