blank
Pengamanan AEM, Polda Jateng melakukan monitoring dan pengendalian kegiatan Satgas melalui CCTV dan aplikasi SOT di ruang MCC Roops Polda Jateng. Foto: Dok/Bidhumas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – ASEAN Business Roadmap Towards Epicentrum of Growth merupakan upaya nyata ASEAN-BAC berkontribusi positif pada visi keketuaan ASEAN Indonesia tahun ini dan dalam menyusun ASEAN Vision 2045.

Ketua ASEAN Business Advisory Council (BAC), Arsjad Rasjid menyatakan, dalam rapat kali ini sekaligus Joint Business Council Meeting ke-22, membahas berbagai hal.

Diungkapkan bahwa keberhasilan ASEAN-BAC melalui 5 isu prioritas diantaranya transformasi digital dengan penggunaan Sistem ASEAN QR Code yang mendorong berbagai negara untuk terus terhubung secara digital, termasuk mendukung UMKM dalam mengakses informasi dan pembiayaan yang tepat untuk usahanya, karena UMKM merupakan tulang punggung perekonomian ASEAN.

Beberapa isu lainnya yang dibahas yakni terkait pembangunan berkelanjutan, ketahanan kesehatan, ketahanan pangan termasuk fasilitas perdagangan dan investasi.

Sementara itu pihak Kepolisian memastikan keamanan seluruh rangkaian kegiatan AEM yang dimulai sejak 17 hingga 22 Agustus mendatang dengan menggelar Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD)

Karoops Polda Jateng, Kombes Pol. Basya Radyananda menyampaikan, melalui Posko KRYD Pengamanan Asean Economic Mininsters (AEM) 55 tahun, Polda Jateng melaksanakan pendataan kegiatan Satgas, serta melakukan monitoring dan pengendalian kegiatan Satgas melalui CCTV dan aplikasi SOT di ruang MCC Roops Polda Jateng.

“Jadi semua rangkaian kegiatan pengamanan terpantau di Posko guna memudahkan kita untuk melakukan koordinasi maupun wasdal di lapangan,” ujarnya, Sabtu (19/8/2023).

Menurutnya, seluruh personel pengamanan telah digelar baik secara tertutup maupun terbuka di masing-masing lokasi mulai dari kedatangan, lokasi kegiatan sampai pengawalan melekat setiap delegasi yang diundang.

“Dimulai dari kegiatan sterilisasi sebelum dilaksanakan kegiatan sampai memeriksa menu makanan yang akan dihidangkan untuk para nenteri dan delegasi,” imbuhnya

Sementara itu Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu Setianto menyatakan, rangkaian kegiatan pengamanan pertemuan AEM di Semarang menjadi prioritas utama Polda Jateng. Pihaknya mengimbau kepada masyarakat maupun stakeholder terkait ikut serta dalam menjaga kondusifitas wilayah Semarang.

“Harapannya dengan suksesnya kegiatan AEM dalam event internasional tersebut dapat menjadi promosi kegiatan lainnya yang bisa menjadikan Kota Semarang khususnya lebih maju dan dikenal dimata dunia,” tuturnya.

Ning S