blank
Mbah Wagiman berfoto bersama Brigadir Chirul Hakim setelah bertemu dengan keluarganya di Desa Sumberjatipohon, Grobogan. Foto: Dok Polsek Grobogan.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Mbah Wagiman asal Dusun Bolu, Desa Putren Kecamatan Sukomoro, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur dinyatakan hilang oleh keluarganya sejak sekitar setahun lalu. Kini Mbah Wagiman Kembali bertemu keluarganya, berkat kepedulian Brigadir Choirul Hakim, anggota Bhabinkamtibmas Sumberjatipohon, Polres Grobogan.

Pertemuan Mbah Wagiman dan keluarganya dipenuhi suasana haru, di Desa Sumberjatipohon, Jumat 18 Agustus 2023. Mbah Wagiman sendiri memang menjadi perhatian khusus bagi Brigadir Choirul Hakim.

“Mbah Wagiman pertama kali saya temukan saat patroli. Dia kehujanan di pos kamling. Akhirnya saya beli makan dan saya suapin beliau. Makannya lahap,” ujar Brigadir Choirul Hakim.

Rupanya sejak itu, Mbah Wagiman sering bertemu Brigadir Choirul Hakim. Meski berpindah-pindah lokasi. Hingga akhirnya, Mbah Wagiman dapat berkomunikasi dengan Brigadir Choirul Hakim seadanya.

“Dari logat-logatnya bukan orang sini. Maka kita publikasikan lewat Instagram Polres Grobogan, siapa tahu ada yang mengenali,” ujar Brigadir Choirul Hakim.

Tetap Dirawat

Saat menunggu datangnya kabar, Mbah Wagiman dalam perawatan Brigadir Choirul Hakim. Dengan penuh kasih, Brigadir Choirul Hakim ini memberikan makan untuk gelandangan tersebut.

“Hingga akhirnya ada yang mengaku keluarga Mbah Wagiman setelah lihat videonya itu,” jelasnya.

blank
Momen saat pihak keluarga menghampiri Mbah Wagiman di sebuah bangunan di Sumberjatipohon. Foto: Dok Choirul Hakim.

Setelah mengecek berbagai bukti yang meyakinkan bahwa Mbah Wagiman adalah warga Dusun Bolu, Desa Putren Kecamatan Sukomoro, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

“Kemudian, pihak keluarga menyatakan hendak menjemput Mbah Wagiman segera. Akhirnya, hari ini Mbah Wagiman sudah kembali bersama keluarga,” jelas Brigadir Choirul Hakim.

Linglung

Pihak keluarga yang diwakili Sunar Winarno menjelaskan, Mbah Wagiman hilang kurang lebih satu tahun. Menurut Sunar, Mbah Wagiman sendiri belum pernah menikah hingga usianya mencapai 53 tahun.

“Belum nikah. Hilang karena linglung. Kami sudah mencari ke mana-mana sampai akhirnya ketemu di video Instagram Polres Grobogan. Kami yakin itu Wagiman, saudara kami,” ujar Sunar.

Sunar berterima kasih kepada jajaran Polsek Grobogan yang telah menolong Mbah Wagiman sejak ditemukannya hingga kembali kepada keluarga di Nganjuk. “Terima kasih kepada semua yang sudah menolong saudara kami jika sedang lapar atau butuh apapun selama di jalanan. Kami tidak menyangka sejauh ini beliau bisa tersesat selama satu tahun,” ujar Sunar.

Ikhlas