blank
Ketua PUI Javanologi UNS, Prof Sahid Teguh Widodo M Hum PhD (kiri) menjelaskan barang barang kuno kepada Rektor USM Dr Supari Priambodo ST MT, Pembina Yayasan Alumni Undip Ir Soeharsojo IPU, Kaprodi Magister Hukum USM Dr Kukuh Sudarmanto dan Ketua UPA USM Agus Suryanto MH. (Foto:News Pool USM)

SOLO (SUARABARU.ID)– Rektor Universitas Semarang (USM), Dr Supari Priambodo ST MT dan Pembina Yayasan Alumni Undip, Ir Soeharsojo IPU didampingi Kaprodi Magister Hukum USM Dr Drs Kukuh Sudarmanto S Sos SH MH MM, Ketua UPA USM Agus Suryanto ST MH dan Sekpri Rektor Sudarmono SE MM melakukan Studi Comparative di Pusat Unggulan Inovasi (PUI) Javanologi Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta pada 11 Agustus 2023.

Rektor beserta Pembina dan pejabat USM diterima langsung dengan sangat ramah oleh Ketua PUI Javanologi UNS, Prof Sahid Teguh Widodo M Hum PhD beserta staf.

Pada kesempatan itu, Prof Sahid memaparkan bahwa tahun 2023 PUI Javanologi UNS menjadi pengawas PUI Peguruan Tinggi.

Selain itu juga pengembangan program dan jangkauan studi yang meliputi penguatan PUI PT berwawasan keilmuwan Jawa, pengembangan pemikiran dan praktik budaya, peningkatan karya budaya intelektual Jawa berstandar internasional, penggalian nilai kearifan budaya Jawa di forum internasional, kerja sama kemitraan untuk pelestatian pembinaan dan pengembangan budaya Jawa dan menyelenggarakan berbagai pelatihan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan nilai budaya Jawa.

Rektor USM Dr Supari ST MT mengatakan, tujuan studi Comparative di PUI Javanologi UNS untuk mengetahui langsung kehebatan PUI Javanologi UNS yang bisa diadop dan menjadi landasan pemikiran untuk diaplikasikan di USM sebagai motivasi penghormatan kepada para pendiri USM yang telah wafat.

Pembina Yayasan Alumni Undip Ir Soeharsojo IPU menambahkan, dengan melihat langsung keberadaan PUI Javanologi UNS maka USM akan menyiapkan ruang pamer hasil karya prestasi mahasiswa maupun dosen, dari awal sampai sekarang.

Selain itu juga ruang semacam museum untuk menggambarkan sejarah perjuangan USM dari awal didirikan oleh para pendiri sampai megah seperti sekarang ini.

Rektor USM beserta rombongan diajak Prof Sahid berkeliling menyaksikan barang barang langka saat awal pendirian UNS, seperti cangkul, sepeda Jengki, mikroskop, surat Daun Lontar, Gamelan, Almari Arsip, Wayang Kulit, Bathik, Kimono, dan lain sebagainya.

Muhaimin