PEMALANG (SUARABARU.ID) – Pelayanan kepada masyarakat sudah menjadi kewajiban utama dalam penyelenggaraan administrasi publik. Di Indonesia penyelenggaraan pelayanan publik menjadi isu kebijakan yang semakin strategis karena perbaikan pelayanan publik di negara Indonesia masih berjalan di tempat.

Pelayanan publik pada dasarnya menyangkut aspek kehidupan yang sangat luas. Dalam kehidupan bernegara, maka pemerintah memiliki fungsi memberikan berbagai pelayanan publik yang diperlukan oleh masyarakat, mulai dari pelayanan dalam bentuk pengaturan ataupun pelayanan-pelayanan lain.

Belum lama ini Muhamad Fazri Hasan Suhanto salah satu mahasiswa Ilmu Pemerintahan Universitas Diponegoro yang sedang melaksanakan kegiatan KKN di desa Jatiroyom Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang, mengadakan kegiatan program kerja mono disiplin dengan judul “Edukasi Tentang Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik dalam Pemerintahan Desa”

Muhamad Fazri Hasan Suhanto saat sampaikan materi

Kegiatan tersebut diadakan di balai desa Jatiroyom yang dihadiri oleh perangkat desa dan masyarakat desa Jatiroyom. Acara tersebut bertujuan untuk membentuk dan memberi pemahaman tentang pentingnya kualitas pelayanan publik yang baik, sehingga baik pemerintah desa dan masyarakat dapat mengaplikasikan pelayanan publik yang sebagai mestinya tercantum dalam peraturan perundang-undangan.

Kegiatan edukasi dimulai dari pemaparan bagaimana pelayanan publik berjalan, inovasi pelayanan publik desa, dan hambatan pelayanan publik. Selanjutnya dilakukan sesi diskusi atau tanya jawab kepada peserta. Dalam kegiatan tersebut perangkat desa maupun masyarakat sangat antusias dan interaktif merespon terkait permasalahan pelayanan publik dan mencari bagaimana solusi untuk memecahkan permasalahan tersebut.

Hadepe – Muhamad Fazri Hasan
Prodi S1 Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro