blank
Briptu Evana Rahmawati usai menerima medali emas dalam Pekan Olahraga Provinsi Jateng 2023

JEPARA (SUARABARU.ID) – Ketekunan dan kedisiplinan yang dibangun sejak duduk dibangku SD akhirnya berbuah manis bagi Briptu Evana Rahmawati. Ia memiliki sederetan penghargaan internasional, nasional dan regional karena prestasinya.

Terakhir tim yang didukungnya berhasil mempersembahkan 3 medali emas untuk Jepara dalam Pekan Olahraga Provinsi Jawa Tengah tahun 2023. Dalam tim ini Evana mendapatkan kepercayaan sebagai kapten tim

blank
Briptu Evana bersama Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan

Salah satu Polisi Wanita Polres Jepara yang saat ini bertugas sebagai angota Satuan Intelijen Polres Jepara ini bukan saja telah mempersembahkan prestasi bagi bangsa dan daereahnya, tetapi ia telah menerima dua pin emas dari dua Kapolri karena mengharumkan bangsa dan kesatuannya.

Saat Evana bersama timnya mengukir prestasi juara 2 Sea Games Quadran Putri dan sekaligus juara 3 Sea Games beregu putri di Kuala Lumpur, Malaysia tahun 2017 ia mendapatkan pin emas dari Kapolri Tito Karnavian.

blank
Briptu Evana Rahmawati bersama kakaknya, Mustaqim salah satu legenda atlet sepaktakraw Jepara

Sedangkan saat meraih medali di Sea Games Philipina tahun 2019 untuk Cabang Olahraga yang sama ia mendapatkan Pin Emas dan penghargaan dari Kapolri, Jendral Pol. Idham Azis. Tahun 2019 Evana dan tim sepaktakraw Indonesia juga berhasil meraih juara 3 beregu putri King’s Cup 2019 di Thailand

Tim Cabang Olahraga Sepaktakraw Provinsi Jawa Tengah yang diperkuat Evana juga berhasil meraih medali emas saat digelar PON XX di Papua tahun 2021

Bripda Evana Rahmawati memang mencintai oleh raga Sepaktakraw sejak kecil. Bahkan sejak kelas 5 SD ia telah mulai berlatih dengan tekun. “Awalnya saya termotivasi dan mendapatkan inspirasi dari kakak-kakak yang juga atlet sepaktakraw nasional yaitu Musthakim, Hasim dan Teguh Pambudi. Bahkan mereka kemudian juga diangkat menjadi PNS karena prestasinya,” ujar Evana Rahmawati.

“Disamping itu, olahraga sepaktakraw sangat populer di desa saya, tambah Evana yang saat berusia 13 tahun telah menjadi juara 3 Pekan Olahraga Pelajar Nasional beregu putri tahun 2009,”kenangnya

blank

Karena prestasi inilah membuat Evana setelah lulus SDN 2 Kendeng Sidialit rela meninggalkan kampung halamannya. Sebab ia ingin menekuni olah raga ini “ Saya kemudian melanjutkan sekolah di Salatiga di SMPN 06 Salatiga dan kemudian melanjutkan ke SMAN 02 Salatiga dan lulus tahun 2014.

“Sebab saya dipanggil untuk masuk Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pelajar di Salatiga setelah sukses di Popnas Yogyakarta,” tutur Evana.

Prestasi Evana terus melambung. Bahkan pada tahun 2013, saat ia masih duduk dibangku SMA, ada 3 even internasional yang diikuti dan berhasil meraih prestasi.

blank
Briptu Evana Rahmawati bersama tim sepaktakraw putri Jepara bersama pelatih

“Bersama tim berhasil meraih juara 3 King’s cup beregu putri di Thailand, juara 3 Super Series beregu putri di Malaysia tahun 2013 dan juara 3 Sea Games beregu putri di Myanmar tahun 2013,” ungkap Evana

Kecintaan pada olah raga dan pengabdiannya pada bangsa itu pula yang mengantarkan ia memilih Kepolisian untuk tempat mengabdi. “Alhamdulilah pada tahun 2015 saya diterima sebagai anggota Korps Bayangkara dan kemudian ditempatkan di Polres Jepara.

“Kami bersyukur, dukungan pimpinan sangat luar biasa hingga saya dapat mengembangkan prestasi di Sepaktakraw. Juga dari orang tua, kakak, pelatih dan pengurus Persatuan Sepaktakraw Indonesia” ujar gadis berbintang Cancer ini yang lahir pada tahun 1996 ini.

Memang menjadi petugas polisi dirasakan oleh Evana tidak membuat karier olahraganya berhenti. “Pimpinan malah memberikan dukungan dan motivasi, “ujar Evana

blank
Briptu Evana Rahmawati didepan Mapolres Jepara tempat ia mengabdi

“Hanya saya memang harus disiplin soal waktu dan mengelolanya dengan benar antara tugas, latihan dan istirahat” tuturnya. Karena itu setelah menjadi anggota polisi, Evana masih banyak mengukir prestasi, baik ditingkat nasional maupun internasional.

Bahkan terbaru,dalam Pekan Olahraga Jateng Tahun 2023, saat Evana menjadi kapten tim berhasil meraih tiga medali emas yaitu di nomor tim beregu, quadran dan nomor beregu putri.

Dalam wawancara khusus dengan SuaraBaru.Id Evana mengungkapkan rasa syukurnya.” Penghargaan ini akan memacu dan memotivasi saya untuk berlatih dan bekerja lebih keras lagi.

blank
Briptu Evana Rahmawati mel;uapkan expresinya saat memenangi final

“Semua ini tidak lepas dari bimbingan orang tua, pelatih, pengurus cabangolah raga Sepak Takraw, pimpinan serta Bapak Kapolres Jepara AKBP Wahyu Setyawan,” tutur putri pasangan Badrun – Aminah yang tinggal RT 08 RW 02 Desa Kendeng Sidialit.

Sementara Kapolres Jepara, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan meminta agar Evana tidak puas diri. “Tetapi sebaliknya, penghargaan dan prestasi harus dijadikan motivasi untuk giat berlatih dengan lebih keras lagi agar dapat meningkatkan prestasi,” ujar Wahyu Nugroho Setyawan.

Kapolres menambahkan, bahwa Polisi itu selain tugas pokok sebagai pengayom pelindung masyarakat dan penegak hukum, juga harus mampu berkompetisi dibidang apapun, termasuk olahraga.

blank
Briptu Evana Rahmawati

“Saya atas nama Pimpinan Polres Jepara mengapresiasi dan bangga, atas prestasi yang diraih atlet kita khususnya dari personil Polwan Polres Jepara. Tugas Polisi tidak hanya menjadi penegak hukum dan pelindung dan pelayan masyarakat, namun semua bidang apapun Polisi dituntut bisa berinovasi dan berprestasi. Harapan saya, semoga ini memacu dan memotivasi personil lainnya untuk berprestasi,” ujarnya.

Lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 2003 akan memberikan kado spesial bagi Briptu Evana Rahmawati. Sebab prestasinya membanggakan kami semua dan menjadi motivasi yang bernilai bagi anggota Polres lain dan dapat memberikan kemampuan terbaiknya. “Terlebih saat ini kita sedang memperingati Hari Polisi Wanita ke-75,” terangnya.

Hadepe