blank
Plt Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, Hantor Situmorang menghadiri pembukaan pameran Hari UMKM Nasional Expo 2023. Foto: Dok/Kanwil

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Plt Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, Hantor Situmorang menghadiri pembukaan pameran Hari UMKM Nasional Expo 2023 yang berlangsung di Pamedan Pura Mangkunegaran Surakarta, Kamis (10/08).

Pada kegiatan ini Hantor bersama Sekretaris Ditjen Kekayaan Intelektual, Sucipto didampingi Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Nur Ichwan.

Kegiatan pameran Hari UMKM Nasional Expo 2023 ini merupakan bentuk dukungan terhadap pengembangan UMKM.

Dengan mengusung tema “Transformasi UMKM Masa Depan”, Sekretaris Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, Arif Rahman Hakim berharap acara ini menjadi momentum kebangkitan dan memperkuat UMKM sebagai salah satu pilar penggerak roda perekonomian bangsa.

“UMKM merupakan pemain penting dalam pengembangan kegiatan ekonomi lokal dan pemberdayaan masyarakat,” ujar Arif.

Untuk mewujudkan UMKM yang unggul mulai dari hulu hingga hilir, ia menyatakan perlunya pendekatan teknologi dan digitalisasi guna peningkatan kemampuan UMKM dalam memanfaatkan kreativitas dalam menghadapi tantangan masa depan.

“Kami berharap untuk terus mewujudkan UMKM yang adaptif terhadap teknologi dan inovatif serta dapat membuka lapangan pekerjaan,” ungkapnya.

Ia juga mengajak untuk terus meningkatkan semangat akan kebanggaan menggunakan produk lokal yang akan menjadi kekuatan bagi UMKM di Indonesia.

Dalam pembukaan UMKM Nasional Expo 2023 ini diikuti Kepala UPT Eks Karesidenan Semarang dan

UMKM Nasional Expo 2023 yang digelar pada 10-13 Agustus ini diikuti oleh ribuan pelaku usaha mikro kecil dan menengah.

Kemenkumham sendiri ikut berpartisipasi dengan membuka stand layanan Kekayaan Intelektual dan Administrasi Hukum Umum, serta pameran hasil karya Warga Binaan Pemasyarakatan.

Ning S