blank
Kebakaran hebat melanda pabrik kertas di Dusun Timang, Desa Wonokerto, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, upaya pemadaman masih berlangsung.(Dok.Istimewa)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Musibah kebakaran, semalam, terjadi di Pabrik kertas PT Prima Paper Indonesia di Dusun Timang, Desa Wonokerto, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri. Api cepat berkobar dan sulit dipadamkan, karena banyaknya bahan yang mudah terbakar di pabrik tersebut.

Warga masyarakat Wonokerto dan Kepala Desa (Kades) Wonokerto, Suyanto, menyebutkan, kebakaran pabrik kertas tersebut berlangsung sejak Rabu malam (9/8). Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan petugas.

Saksi Rozak dan Didik, menuturkan, api diketahui berkobar dari sisi timur gudang penyimpanan bahan baku. Upaya pemadaman gagal dilakukan, karena api cepat berkobar. Personel Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang datang ke lokasi, ikut memberikan bantuan dan mengontak pihak Damkar.

Tidak dilaporkan adanya korban jiwa dalam kasus kebakaran hebat tersebut. Api kebakaran pabrik diketahui mulai berkobar Rabu malam (9/8). Tiupan angin dan situasi yang serba kering di musim kemarau ini, membuat nyala api cepat meluas.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pemadam Kebakaran (Damkar) Pemkab Wonogiri, Joko Santosa, belum memberikan penjelasan terkait dengan kebakaran di pabrik kertas tersebut. Karena sampai berita ini diturunkan, upaya pemadaman masih berlangsung.

All Out

Damkar Pemkab Wonogiri mulai Rabu malam (9/8), secara all out menurunkan seluruh kekuatan untuk memadamkan kebakaran di pabrik kertas tersebut. Juga mengerahkan semua mobil brandweer ke lokasi. Dalam proses pemadaman, juga mendapatkan bantuan mobil brandweer dari Kabupaten Sukoharjo, Karanganyar dan Kota Solo.

Proses pemadaman dilakukan dengan mendapatkan bantuan dari personel TNI dan Polri, perangkat desa, relawan siaga bencana, personel dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan tokoh masyarakat.

Meski demikian, kobaran api tidak dapat segera dipadamkan secara tuntas. Api yang berkobar dari ruang penyimpanan bahan baku, dilaporkan merembet ke ruang penggilingan dan meluas ke bagian lain. Api cepat berkobar dan sulit dipadamkan dengan segera, karena membakar bahan-bahan yang mudah terbakar di dalam pabrik.

Kamis pagi (10/8), Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, menyatakan, belum ada laporan terperinci terkait dengan musibah kebakaran di pabrik kertas tersebut. ”Karena proses pemadaman masih berlangsung,” jelasnya.
Bambang Pur