blank
Plt Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, Hantor Situmorang meresmikan lapak LPP Semarang di Pasar Johar. Foto: Dok/Kanwil

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Produk Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Perempuan (LPP) Kelas IIA Semarang kini hadir di Pasar Johar Selatan Baru Semarang.

Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang dipimpin Kristiana Hambawani ini mendapat kepercayaan untuk mengisi salah satu lapak di pasar terbesar di Kota Semarang.

Lapak yang diberi nama Sekar Maheswari ini diresmikan oleh Plt Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, Hantor Situmorang, Selasa (8/8/2023).

Hantor mengungkapkan, Kemenkumham Jateng terus mendorong optimalisasi kegiatan pembinaan di Lapas dan Rutan.

Menurutnya, saat ini sudah banyak produk berkualitas yang dihasilkan oleh WBP Lapas dan Rutan di Jateng.

“Di dalam Lapas para warga binaan kami juga berkarya menghasilkan beberapa macam produk dan beberapa diantaranya ada di lapak ini,” ungkap Hantor.

“Produk Lapas Perempuan Semarang tidak hanya menembus pasar lokal, namun sudah merambah ke pasar dunia, karena produknya sudah ada yang sampai ke luar negeri,” ujar Hantor.

“Produk yang ada di Lapak ini hanya sebagian, apabila ada masyarakat yang menghendaki produk warga binaan kami bisa melalui IG Pramestiheswari_lppsemarang dan Prasmart,” imbuhnya.

Hantor juga memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Semarang dan dinas terkait yang telah memfasilitasi pemasaran produk WBP LPP Semarang.

Lapak Sekar Maheswari sendiri terletak di lantai 3 Pasar Johar Selatan Baru Semarang. Lapak ini menyediakan diantaranya kain batik, handicraft dan fashion yang semua produknya merupakan hasil pembinaan keterampilan LPP Semarang.

Hadir dalam peresmian Kepala Divisi Administrasi, Hajrianor, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Supriyanto dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Kanwil Jateng, Lizbeth Hantor

Pada kesempatan tersebut, Kanwil Kemenkumham Jateng juga memberikan sosialisasi kepada pelaku usaha di Pasar Johar tentang perlindungan Kekayaan Intelektual dan pendaftaran Perseroan Perorangan.

Ning S