Suasana pengunjung pada Pameran Tugas Akhir Internasional ‘Final Project Exhibition 2023’yang digelar Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Sebelas Maret Surakartadi Kampus Mesen Solo. Foto: Dok/UNS

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan Pameran Tugas Akhir Internasional ‘Final Project Exhibition 2023’.

Kegiatan  menampilkan  karya hasil studi tahap akhir Program Studi (Prodi) Seni Rupa Murni, Desain Komunikasi Visual, Desain Interior, dan Prodi Kriya Seni/Tekstil yang berlangsung selama tiga hari dibuka Dekan FSRD UNS, Prof. Dr. Rahmanu Widayat, M.Sn dalam acara di Kampus Mesen, Kamis (3/8/2023).

Prof. Rahmanu Widayat M.Sn dalam sambutannya  mengatakan, pameran kali ini dibuka untuk umum supaya hasil karya yang ditampilkan dapat dinilai pula oleh masyarakat untuk menjadi lebih baik ke depan.

Pameran merupakan salah satu eksistensi FSRD UNS selain kegiatan kepenulisan buku atau jurnal. Pameran adalah bentuk aktivitas dalam berkarya.

Pada pameran ini tak hanya diikuti oleh 4 Prodi di FSRD UNS, namun juga teman-teman mahasiswa di luar negeri seperti dari Universiti Sains Malaysia, Universiti Teknologi MARA Malaysia, dan Poh-Chang Academy of Arts Thailand.

“Selain itu, saya melihat kegiatan ini sungguh luar biasa, dan saya berharap kegiatan pameran dapat berjalan dengan lancar,” kata Dekan FSRD UNS.

Ketua Panita Pameran, Dr. Sigit Purnomo Adi, S.Sn., M.Sn. dalam kesempatan yang sama menyampaikan,  pameran dengan tajuk The Final Project “Not An Extra Ordinary Exhibition” ini merupakan bentuk yang berbeda.

Karena selain untuk pertama kalinya pameran ditampilkan di khalayak ramai, juga dimeriahkan dengan workshop yang bisa diikuti oleh siswa SMA, SMK, dan umum.

“Saya berharap dari kegiatan pameran ini dapat menjadi pemantik iklim berkarya dan ajang promosi produk dari karya yang dihasilkan. Semoga acara pameran dan workshop dapat berjalan dengan sukses,” kata Dr Sigit Purnomo Adi SSn,MSn.

Bagus Adji