blank
Berdatangan Warga desa Desa Harjowinangun, Kecamatan Japah, untuk antri dapatkan air bersih dari tangki PMI Blora.  Kamis, 27 Juli 2023. Foto: Kudnadi Saputro Blora
BLORA (SUARABARU.ID) – Saat musim kemarau tiba, beberapa desa di wilayah Kabupaten Blora mengalami kekurangan air bersih.
Di antaranya iDesa Harjowinangun, Kecamatan Japah, Kabupaten Blora Jawa Tengah, hingga saat ini  Pemerintah Daerah belum ada upaya untuk pemenuhan kebutuhan air di pedesaan, hanya sesekali memberikan bantuan air dengan truk tangki.
Ada upaya pemenuhan kebutuhan tersebut, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Blora menyalurkan bantuan 3 truk tangki air bersih di Desa Harjowinangun, Kecamatan Japah. Kamis, (27/7/2023).
“Warga desa itu, hiruk pikuk kota tak dihiraukan, yang penting hari ini ada air dirumah,” ucap Ngiyono salah seorang warga Japah yang senang dapat air, sambil menenteng air dijerigen dan embernya.
“Di Blora itu tanahnya kering, ada sebagian sawah yang sudah kering kerontang mas,” ujarnya.
Ketua PMI Blora Ir. Sutikno Slamet, mengatakan selalu ke desa – desa setiap musim kemarau seperti saat ini PMI Blora melakukan droping air bersih, di Kabupaten Blora yang Kekeringan, dan sangat membutuhkan air bersih.
“Sesuai kemampuan, kita bantu 3 tangki air bersih kepada warga Harjowinangun. Bantuan ini merupakan permintaan warga Harjowinangun, yang  sebelumnya, mengajukan ke kami,” kata Sutikno Slamet kepada media ini.
Lebih lanjut, Ketua PMI Blora, Sutikno Slamet menjelaskan, bahwa  bantuan air bersih ini rutin diberikan ke warga Kabupaten Blora saat musim kemarau.
“Setiap musim kemarau kita rutin memberikan bantuan ini (Air bersih). sesuai pengajuan bantuan ke kita,” ujar Ketua PMI Blora.
Pada kesempatan itu, Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Japah, Samedi Joko Waspodo SH, M.Hum,, menyampaikan terima kasih atas bantuan air bersih yang diberikan PMI Blora. Bantuan ini sangat bermanfaat untuk warga Harjowinangun, Kecamatan Japah.
“Saya mewakili warga Japah mengucapkan terima kasih kepada PMI,” ucap Joko Waspodo.
Kudnadi Saputro: