blank
Basarnas Cilacap menggelar Bimtek pelatihan potensi pencarian dan pertolongan bidang pertolongan pertama. Foto: Dok/SAR

BANYUMAS (SUARABARU.ID) – Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Cilacap kembali menggelar Bimbingan Teknik (Bimtek) pelatihan potensi pencarian dan pertolongan bidang pertolongan pertama.

Dalam pelaksanaannya, Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap berkolaborasi dengan Komisi V DPR RI Dapil 8 Jateng, yang diikuti oleh 50 orang dari Linmas, organisasi masyarakat, karang taruna, dan lainnya.

Kegiatan Bimtek yang dilaksanakan mulai tanggal 24 hingga 26 Juli 2023 ini digelar di Pendopo Desa Panembangan Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Komisi V DPR RI, Hj. Novita Wijayanti menyampaikan pentingnya diadakan pelatihan tersebut, guna mencetak potensi-potensi yang cepat dan tanggap apabila terjadi bencana maupun musibah, khususnya yang ada di wilayah kerja Kantor SAR Cilacap.

“Pelatihan teknis ini merupakan bentuk pembelajaran awal yang dilakukan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan. Kedepan diharapkan mampu mendukung pelaksanaan operasi SAR di wilayah Kabupaten Banyumas,” ujarnya, Selasa (25/7/2023).

Ia berharap para potensi pencarian dan pertolongan di wilayah kerja Kantor SAR Cilacap semakin solid dan terkoordinir dalam melaksanakan tugas dalam bidang kemanusiaan.

Selain Komisi V DPRI RI Dapil 8 Jawa Tengah, hadir juga observer dari Pusat Pelatihan SDM Pencarian dan Pertolongan, Komandan Kodim 0701 Banyumas, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Cilacap, Kepala Bidang Linmas dan Kepala UPT Damkar Kabupaten Banyumas, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Banyumas, Camat Cilongok, dan jajaran Kepala Desa di Kecamatan Cilongok.

”Dengan digelarnya Bimtek ini diharapkan Kabupaten Banyumas, khususnya Kecamatan Cilongok memiliki potensi pencarian dan pertolongan di bidang pertolongan pertama yang kompeten dan dapat diandalkan. Selain itu mampu memberikan kontribusi nyata, siap setiap saat, dan dapat bekerja sama dengan Basarnas dalam menjalankan misi kemanusiaan,” tuturnya.

Ning S