blank
Ilustrasi. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Beberapa orang mungkin pernah merasakan nyeri pada rahang ketika mengunyah makanan. Kondisi ini tentunya akan menganggu waktu makan dan membuat Anda kesal dengan rasa nyeri yang ditimbulkan.

Penyebab dari sakit rahang banyak faktornya, mulai dari sinus, sakit pada telinga, gigi, atau rahang itu sendiri. Sakit rahang yang tidak segera ditangani dapat menyebabkan berbagai masalah pada penderitanya. Sebagai contoh, sakit kepala, nyeri pada wajah, dan sakit pada telinga.

Penyebab lain yang paling umum dari telinga sakit saat mengunyah adalah infeksi yang menyerang bagian telinga tengah (otitis media) atau telinga luar (otitis eksterna). Infeksi bakteri atau virus bisa menyebabkan jaringan dalam telinga membengkak dan teriritasi sehingga menimbulkan rasa sakit.

Dilansir dari Suara.com lantas, apa saja penyebab yang bisa memicu rasa nyeri pada rahang tersebut? Berikut empat diantaranya.

1. Gangguan Sendi Temporomandibular

Keluhan rahang sakit saat mengunyah makanan yang pertama berasal dari gangguan sendi temporomandibular atau disebut juga Temporomandibular Joint Disorder (TMD). Penyakit ini biasanya ditandai dengan nyeri sendi rahang dan otot-otot di sekitar rahang.

Sendi temporomandobular terletak pada kedua sisi wajah. Sendi ini berfungsi mempermudah kerja rahang untuk membuka atau menutup mulut saat berbicara atau makan. Biasanya, rasa sakit menyerang pada satu atau kedua sisi sendi temporomandibular. Itu sebabnya, keluhan rahang sakit bisa terasa lebih parah saat Anda makan dan membuka mulut lebar-lebar.

2. Bruxism

Bruxism merupakan kebiasaan menggeretakkan dan menggesekkan gigi secara tidak sadar. Kebiasaan ini bisa dialami oleh siapa saja, baik pada anak-anak maupun orang dewasa.

Bruxism terjadi secara spontan ketika seseorang sedang berkonsentrasi, merasa cemas, atau mengalami stres yang berlebihan. Bruxism dapat terjadi baik pada saat terbangun maupun saat tertidur (sleep bruxism). Namun dalam banyak kasus, sleep bruxism lebih sering terjadi.

Gerakan dari otot-otot rahang dan pertemuan antargigi inilah yang memicu rasa sakit pada area rahang. Terlebih saat Anda mengalami sleep bruxism. Pasalnya, sleep bruxism akan berlangsung dalam waktu yang cukup lama dan bisa memperaparah rasa sakit yang ditimbulkan.

3. Neuralgia Trigeminal

Neuralgia trigeminal adalah rasa nyeri hebat yang disebabkan oleh gangguan pada trigeminal saraf di otak. Rasa nyeri ini biasanya muncul pada salah satu bagian wajah dan sering terjadi di bagian bawah rahang. Tentunya, hal itu menjadi salah satu penyebab rahang sakit saat mengunyah.

4. Osteomielitis

Osteomielitis merupakan jenis penyakit tulang yang disebabkan oleh infeksi bakteri Staphylococcus. Penyakit ini bisa terjadi di bagian rahang. Biasanya penderita akan merasakan sakit nyeri rahang yang parah dan mengganggu saat proses mengunyah.

Itulah tadi pembahasan tentang empat penyebab rasa nyeri pada rahang ketika mengunyah makanan. Sebagian isi artikel ini melansir dari laman mouthhealty.org, dan clevelandclinic.org. jika Anda merasakan rasa nyeri yang menganggu pada bagian rahang, segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat, semoga bermanfaat!

Claudia