Wakapolres Jepara Kompol Berry, bertindak selaku Pembina Upacara di SMK Negeri 2 Jepara.

JEPARA (SUARABARU.ID) – Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengingatkan guru dan pelajar untuk meningkatkan kewaspadaannya sebab tingkat kriminalitas khususnya yang didominasi anak remaja yang berusia dibawah 20 tahun periode bulan Januari hingga Juni 2023 mengalami kenaikan. Sedangkan kasusnya yang banyak menjerat mereka adalah narkotika, miras, asusila, pergaulan bebas dan kamseltibcar lantas.

Hal tersebut diungkapkan Wahyu Nugroho Setyawan saat menjadi pembina upacara di SMPN 6 Jepara, Senin (24/7-2023) Kehadiran Kapolres di sekolah tersebut dalam rangka ‘Police Go to School’ ke sejumlah sekolah.

Kegiatan Police Go to School ini dilaksanakan oleh seluruh jajaran Polres Jepara, mulai dari Kapolres, Wakapolres, Pejabat Utama, serta Kapolsek dan jajaran menyambangi SD, SMP, SMA, dan SMK di Kabupaten Jepara.

Selain itu, Kapolres juga menambahkan bahwa anak remaja ini juga rentan terpengaruh oleh sekelompok orang yang mengatas namakan agama dengan faham-faham yang radikal dan intoleran. “Kita harus memperkuat idiologi bangsa dan negara. Karena itu pembangunan karakter kebangsaan dan nasionalisme sangat penting, ” tegasnya.

Ia juga minta kewaspadaan nya untuk melakukan pencegahan terhadap adanya perdagangan orang, mulai tingkat pelajar sampai dewasa. Kami tidak mau anak-anak kami penerus bangsa menjadi korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO),” tandasnya.

Kepada ratusan siswa-siswi SMP Negeri 6 Jepara. Kapolres menyampaikan terkait situasi Kamtibmas Jepara dan berpesan untuk menghindari penyimpangan-penyimpangan terkait penyalahgunaan miras, merokok hingga narkoba sebagai alat manipulatif.

“Kami mendatangi sekolah memberikan pemahaman sebagai langkah pencegahan kenakalan remaja,” jelas Kapolres Jepara.

Dalam arahannya, Kapolres menegaskan tentang kedisiplinan peraturan lalu lintas. Menurut Kapolres, siswa-siswi sebagai generasi penerus bangsa, dan untuk mempersiapkan diri meraih masa depan diharapkan seluruh siswa/siswi mematuhi peraturan, khususnya peraturan lalu lintas dengan memakai helm, kelengkapan kendaraan mulai dari SIM, STNK, dan perlengkapan kendaraan yang sesuai standar.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberi pemahaman kepada pelajar agar jangan terlibat tindak pidana apapun, tambahnya.

Sementara Wakapolres Jepara Kompol Berry, bertindak selaku Pembina Upacara di SMK Negeri 2 Jepara.

Kabag Ops Polres Jepara Kompol Sutono, bertindak sebagai Inspektur Upacara di SMK Negeri 3 Jepara.

Kabag Ren Polres Jepara Kompol Sunar, bertindak sebagai Inspektur Upacara di SMK Bhakti Praja.

Kabag SDM Polres Jepara Kompol Karman, bertindak sebagai Inspektur Upacara di SMA PGRI Jepara.

Selain itu, kata Ipda Basirun, Kabag Log Polres Jepara Kompol Suroyoto, mengikuti Upacara Bendera di MA AL MA’ARIF Jepara.

Sementara itu, para Kepala Satuan (Kasat) jajaran Polres Jepara yang terdiri dari Kasat Reskrim, Kasat Resnarkoba, Kasat Binmas, Kasat Samapta, Kasat Lantas dan Kasat Polairud bertindak sebagai Inspektur Upacara di SMPN 1 Jepara, SMPN 2 Jepara, SMPN 3 Jepara, SMPN 4 Jepara, SMPN 5 Jepara hingga SMKN 1 Jepara.

Hadepe