blank
Lestari Moerdijat. Foto: fn

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Perlunya sebuah antisipasi tren global di sektor pariwisata sangat penting dilakukan. Hal ini dimaksudkan untuk pengembangan pariwisata Nasional. Para pemangku kepentingan harus mampu mendorong potensi wisata di setiap daerah, untuk menjawab tantangan itu.

”Perubahan kebiasaan wisatawan global harus dicermati, untuk kemudian dijawab dengan sejumlah upaya mendorong berbagai potensi wisata yang kita miliki. hal ini untuk beradaptasi dengan tren itu,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, dalam keterangan tertulisnya, Senin (24/7/2023).

Catatan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengungkapkan, terjadinya perubahan perilaku berwisata masyarakat dunia, melahirkan tren wisata baru.

BACA JUGA: Perkokoh Sinergitas bersama Distributor, SIG dan Semen Gresik Gelar Half Year Regional Summit

”Tren itu lahir, karena adanya perubahan paradigma bekerja masyarakat dunia yang mengedepankan fleksibilitas dan healing, sehingga mereka membutuhkan refreshing yang mendorong wisata kebugaran,” sebut dia.

Para wisatawan juga mencari pengalaman berlibur yang unik, sehingga para wisatawan mencari daya tarik di setiap daerah yang akan dikunjungi. Dalam memilih destinasi wisata pun, para wisatawan sangat bergantung pada rating dan review jujur para pengunjung.

Perubahan tren wisatawan dunia itu, menurut Lestari, harus benar-benar diantisipasi melalui sejumlah langkah adaptasi, agar peluang pariwisata Nasional untuk menggaet wisatawan mancanegara semakin besar.

BACA JUGA: Operasi Patuh 2023 di Grobogan Catat 6.807 Pelanggaran, Anak di Bawah Umur Pelanggar Tertinggi

Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS) secara kumulatif, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) ke Indonesia sepanjang Januari-Maret 2023 mencapai 2,24 juta kunjungan, atau naik 508,87 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Pada Januari-Maret 2022, jumlah kunjungan wisman ke RI hanya 369.180 kunjungan.

Rerie, sapaan akrab Lestari berharap, berbagai upaya adaptasi untuk menjawab perubahan tren wisatawan dunia bisa dilakukan dengan sebaik-baiknya, beriringan dengan upaya melestarikan budaya yang ada di sejumlah destinasi wisata Nasional.

Karena, ujar Rerie yang juga anggota Komisi X DPR RI itu, langkah pelestarian budaya lokal sangat mendukung terciptanya pengalaman wisata unik, yang diharapkan para wisman.

Anggota Majelis Tinggi Partai Nasdem itu berpendapat, tren wisatawan mancanegara yang berkembang saat ini, harus dijawab dengan langkah yang tepat. Sehingga fenomena itu bisa bermanfaat dari sisi industri pariwisata Nasional, sekaligus pelestarian budaya yang kita miliki.

Riyan