blank
Menpora RI Dito Ariotedjo (kedua dari kiri), menyerahkan Piala Juara Umum Pornas Korpri XVI, yang diterima Sekda Jateng, Sumarno. Foto: kemenpora

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Dito Ariotedjo, mengusulkan agar Pekan Olahraga Nasional (Pornas) Korpri Ke-17 Sumatera Selatan pada 2025 mendatang, agar lebih banyak cabang olahraga yang dipertandingkan.

”Saya harap saat Pornas Korpri nanti di Sumatera Selatan, bisa banyak lagi cabang olahraganya. Kalau Pornas Korpri di Semarang ini kan hanya 10 cabang olahraganya,” kata Menpora Dito, saat menutup event dua tahunan ini di Semarang, Jumat (21/7/2023).

Menpora Dito juga mengajukan, agar pertandingan ajang dua tahunan itu bisa digelar dengan menggelar laga persahabatan antar-menteri. Hal ini agar, ajang Pornas Korpri bisa lebih semarak.

BACA JUGA: Petugas Imigrasi Penangkap Sindikat Perdagangan Organ Tubuh Terima Penghargaan Dirjen Imigrasi

”Sebagai contoh, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Ibu Gusti Ayu Bintang yang hadir ini, merupakan mantan atlet tenis meja. Jadi nanti bisa ada friendly match,” ujar dia lagi.

Pornas Korpri XVI/2023 yang digelar di Semarang, 14-21 Juli, mempertandingkan 10 cabang olahraga. Kesepuluh cabor itu adalah, tenis lapangan, tenis meja, catur, voli, basket, futsal, gateball, bulutangkis, senam Korpri, dan balap sepeda.

Dari hasil akhir Pornas Korpri XVI, tuan rumah Jawa Tengah ada di puncak klasemen, dengan raihan 11 medali emas, 12 perak, dan 12 perunggu. Sedangkan Kemenpora berada diurutan kedua dengan 11 emas, 1 perak, dan 3 perunggu. Lalu disusul Jawa Timur 5 emas, 1 perak, 11 perunggu.

Riyan