blank
SERENTAK - Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos-P2KB) Kota Pekalongan memberikan pelayanan KB serentak. (foto: dinkominfo)

KOTA PEKALONGAN (SUARABARU.ID) – Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos-P2KB) setempat terus berupaya mengejar peningkatan cakupan pelayanan KB. Dalam rangka memeriahkan HUT Bhayangkara ke-77 tahun 2023, Dinsos-P2KB bersinergi dengan Polres Pekalongan Kota beserta Bhayangkari memberikan pelayanan KB serentak di 4 kecamatan setempat, Kamis (20/7/2023).

Kepala Dinsos-P2KB kota Pekalongan, Yos Rosidi melalui kabid pengendalian penduduk dan keluarga berencana, Indria Susanti mengungkapkan bahwa pelayanan KB serentak menyasar akseptor baru serta peserta KB lama. Secara serentak pelayanan KB diselenggarakan di beberapa fasilitas kesehatan diantaranya wilayah kecamatan Pekalongan Barat pada Puskesmas Bendan dan RS Bhakti Ibu, kecamatan Pekalongan Timur di Puskesmas Noyontaan dan PMB Muryani, kecamatan Pekalongan Utara di Puskesmas Kusuma Bangsa dan PMB Nurul Firdaus, serta kecamatan Pekalongan Selatan pada Puskesmas Pekalongan Selatan dan PMB Qurrota Ayun

“Untuk pelaksanaan pelayanan KB serentak ini ditargetkan oleh BKKBN adalah IUD 104 akseptor, implan 77, MOW 18 dan MOP 5. Bagi akseptor akan mendapat uang transport dan sembako beras 5 kilogram,” terang Indria saat monitoring di Puskesmas Bendan, Pekalongan Barat.

Indria berharap dengan memasifkan pelayanan KB di kota Pekalongan dapat terwujud keluarga berkualitas dengan mengatur jumlah, jarak kehamilan sehingga bisa tercapai ketahanan, kesejahteraan anak serta mendukung program pemerintah dalam percepatan penurunan stunting.

Sementara itu, Kasat Binmas Polres Pekalongan Kota, AKP Bambang dalam moment HUT Bhayangkara ke-77, pihaknya berharap dapat bersinergi dengan pemerintah daerah untuk mewujudkan keluarga dan generasi penerus yang berkualitas di wilayah hukum Polres kota Pekalongan, salah satunya melalui pelaksanaan KB serentak bagi masyarakat setempat.

Nur Muktiadi