blank
Praja Mangkunegaran Solo, nanti malam akan melaksanakan prosesi kirab pusaka. Kemudian kirab pusaka Keraton Surakarta Hadiningrat, akan digelar Rabu malam besok (19/7).(Dok.Ist)
SOLO (SUARABARU.ID) – Praja Mangkunegaran Surakarta, Selasa malam (18/7) nanti, akan menggelar Kirab Pusaka Dalem, sebagai tradisi menyambut Tahun Baru Jawa 1 Sura Tahun Jimawal 1957. Sedang Kirab Pusaka Dalem Keraton Surakarta, akan dilaksanakan Rabu malam besok (19/7). Event ini menjadi bagian dari wisata religi atau wisata budaya di Solo yang dikenal sebagai Kota Bengawan.

Ketua Umum Panitia Kirab Pusaka Praja Mangkunegaran, Kanjeng Pangeran Harya (KPH) Drs Tjuk Susilo MPA, mengundang para kerabat dan abdi dalem untuk hadir Pukul 18.30. Ini berkaitan erat karena prosesi Kirab Pusaka Dalem Mangkunegaran, akan mulai dilaksanakan Selasa Kliwon malam (18/7) Pukul 19.00.

Prosesi kirab akan mengitari Istana Mangkunegaran. Mengambil start dari pintu selatan di Jalan Ronggowarsito, lalu belok kanan menuju perempatan Atria. Selanjutnya, belok kanan melintasi Jalan RM Said dan Jalan Teuku Umar, belok kanan di perempatan Ronggowarsito dan kembali masuk ke Istana Mangkunegaran melalui pintu selatan.

Lain halnya dengan Kirab Pusaka Dalem Keraton Surakarta, akan dilaksanakan pada tengah malam. Seperti biasanya, kirab pusaka juga akan menyertakan Kerbau Bule keturunan Kiai Slamet yang menjadi klangenan (kesayangan) Raja Paku Buwono (PB) dan juga menjadi bagian dari pusaka keraton.

Wilujengan

Pengageng Lembaga Dewan Adat/Sasana Wilapa Keraton Surakarta Dra GRAy Koes Moertiyah Wandansari MPd, dalam suratnya bernomor: Ld,23.01.D14.1 tertanggal 25 Besar Ehe 1956 (14 Juli 2023), telah memberikan dhawuh pisowanan (memanggil hadirnya) pada Santanadalem, Adidalem, Pakasa (Paguyuban Kawula Surakarta) dan Paguyuban Sanesipun (lainnya).

Para pihak yang disebut dalam surat itu, diminta hadir Rabu malam (19/7) dengan busana Beskap (pria) dan Kebaya (putri) warna hitam (cemengan) untuk melaksanakan prosesi kirab pusaka 1 Sura. Acaranya akan diawali dengan Wilujengan Dhukutan, yakni kenduri selamatan untuk sarana berdoa bersama guna memohon keselamatan kepada Tuhan.

Kirab pusaka malam 1 Sura Keraton Solo mengambil rute Supit Urang, Jalan Pakubuwana, Gapura Gladag, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Mayor Kusmanto, Jalan Kapten Mulyadi, Jalan Veteran, Jalan Yos Sudarso, Jalan Slamet Riyadi dan kembali ke Keraton Solo.
Bambang Pur