blank
Ganjar mengambil satu bungkus Nasi Krawu, makanan khas warga Gresik, Jatim. Ganjar hadir dalam acara makan bareng bersama masyarakat setempat. Foto: hms

GRESIK (SUARABARU.ID)– Sebanyak 2024 bungkus nasi Krawu tertata rapi di Damar Kurung raksasa, lampion khas Gresik, di depan Gelora Joko Samudro, Minggu (16/7/2023). Nasi berbungkus daun pisang dengan isian nasi pulen, daging, srundeng dan sambal itu, seolah memanggil untuk segera dinikmati.

Namun ribuan warga yang hadir di lokasi itu, sejak pagi hari tak berani menyentuhnya. Sebab, orang spesial yang akan sarapan bersama warga belum datang. Orang itu adalah Ganjar Pranowo, capres 2024 dari PDIP.

Ganjar yang datang dari Jakarta sekitar pukul 10.00 WIB, langsung disambut meriah. Didampingi istri, Siti Atikoh, dan Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani (Gus Yani), Ganjar tanpa berlama-lama langsung membagi-bagikan nasi krawu itu kepada warga untuk dinikmati bersama.

BACA JUGA: Carlos Fortes Bawa PSIS Raih Tiga Poin Penuh

blank
Ganjar dikerubuti sejumlah awak media, usai acara makan bareng Nasi Krawu bersama warga Gresik. Foto:

”Senang sekali bisa makan nasi krawu bareng Pak Ganjar. Meski harus berdesakan untuk bisa dapat nasinya, tapi ini seru,” kata Dian (30), salah satu warga.

Ganjar sendiri mengaku senang dengan acara sarapan bersama ini. Sarapan bersama warga, menjadi salah satu wujud melestarikan budaya, sekaligus mengangkat potensi wisata yang ada.

”Kita punya banyak sekali potensi-potensi yang ada di daerah, yang harus kita lestarikan. Banyak cara, bisa ditampilkan dengan kegiatan olahraga, seni, atau suguhan nasi tradisional seperti nasi Krawu ini. Dengan begitu, kita bisa menunjukkan, kita punya kekayaan tak benda yang luar biasa,” imbuhnya.

BACA JUGA: Tolak Tambak Udang Karimunjawa Muncul di Stadion Wijaya Kusuma Pati

Ganjar juga menyampaikan, akan terus mendorong agar produk budaya Indonesia tidak dikenalkan dengan cara biasa saja. Kemajuan teknologi harus digunakan, sebagai media promosi.

”Tentu kita dorong, agar dipasarkan melalui online. Hal ini agar dikenal semua orang, termasuk masyarakat luar negeri,” pungkasnya.

Di acara itu, tak hanya sarapan nasi krawu bareng Ganjar saja, tetapi digelar juga panggung rakyat. Sederet pentas seni, budaya dan penampilan artis Nasional seperti Ndar Boy dan Armada, menghibur ribuan warga Gresik yang hadir.

Riyan