blank
Bupati, Kapolresta, Dandim Magelang menyambut kepulangan jemaah haji, hari ini. Foto: eko

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) – Forkompinda Kabupaten Magelang menyambut kepulangan jemaah haji, hari ini Jumat (14/7/2023) siang. Terlihat suasana haru dan menyenangkan pada saat penyambutan kepulangan jemaah haji kelompok terbang (kloter) 26 di pendapa Soepardi Pemda Kabupaten Magelang.

Kapolresta Magelang KBP Ruruh Wicaksono mendampingi Bupati Zaenal Arifin, bersama Dandim Letkol Inf Jarot Susanto. Pejabat menerima kepulangan jemaah haji yang baru tiba dari Tanah Suci. Juga terlihat hadir anggota DPRD Syukur Ahadi, Sekda Adi Waryanto, Kepala Disperinaker Sukamtono dan Kepala Kemenag H Muhammad Miftah.

Kombes Ruruh menyampaikan,
untuk menyambut kepulangan jemaah haji itu dilakukan
pengamanan yang melibatkan 52 orang. “Ini sebagai bentuk pelayanan prima Kepolisian untuk melaksanakan pengamanan kepulangan jemaah haji kembali ke Tanah Air. Juga untuk memberikan rasa aman dan nyaman selama proses kepulangan,” ungkapnya.

Kegiatan pengamanan untuk hari ini (Jumat 14/7) dimulai sejak dini hari. Yakni untuk pengamanan kepulangan jemaah kloter 24, 25 dan 26.

“Ini dilakukan untuk mencegah terjadinya tindak pidana seperti pencurian barang milik para jemaah, penjemput, serta guna menjamin kelancaran dan ketertiban selama proses penjemputan jemaah haji,” tambahnya.

Kabag Kesra Pemkab Magelang Budi Daryanto, menyampaikan bahwa hari ini dilakukan penyambutan bagi jemaah haji asal pengiriman dari Kabupaten Magelang kloter 24, 25 dan 26.

Jumlah jemaah haji dari ketiga kloter tersebut 804 orang.
Tercatat yang meninggal dunia dari kloter 24 ada satu orang, kloter 25 ada dua orang dan kloter 26 ada satu orang. Total jumlah jemaah haji dari Kabupaten Magelang sebanyak 1.311orang. Ditambah petugas haji daerah sembilan orang, sehingga total 1.320 orang.

Kloter 27 dan 28 direncanakan akan kembali tengah malam ini sampai esok hari. Sedangkan kloter 95 rencana pulang pada hari Minggu (30/7). Selain itu kloter 99 pulang hari Jumat (4/8) dini hari.

“Untuk penyambutan, kami dibantu jajaran Polresta Magelang dan semua komponen di Kabupaten Magelang. Berkat kerja sama yang baik, alhamdulillah bisa berjalan dengan lancar,” jelas Budi Daryanto.

Salah satu jemaah haji dari Kecamatan Grabag, H Budi Susilo, mengungkapkan rasa terima kasih kepada petugas Polri yang telah melakukan pengamanan dan pengawalan, hingga perjalanan sampai pendapa Kabupaten Magelang aman dan lancar. “Alhamdulillah saya bersama para jemaah haji telah melaksanakan ibadah dengan lancar dan saat ini bisa kembali dengan selamat. Kami merasa sangat senang bisa kembali berkumpul bersama keluarga,” katanya.

Eko Priyono