blank
Kotta Hotel Semarang menggelar pelatihan penanganan kebakaran. Foto: Dok/Kotta hotel

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Sebagai bentuk dari peningkatan keamanan dan kenyamanan bagi tamu maupun karyawan, Kotta Hotel Semarang menggelar pelatihan penanganan kebakaran yang dilaksanakan di Event Space dan Rooftoop, Kamis (13/7/2023).

Pada pelatihan penanganan kebakaran ini, Kotta Hotel Semarang menggandeng CV. Difa Perkasa dengan pemateri, Yohanes Bintang Purnomo.

Pelatihan penanganan kebakaran ini mengikutsertakan tim tanggap darurat Kotta Hotel Semarang yang terdiri dari seluruh departemen di Kotta Hotel Semarang.

Kotta Hotel Semarang mengusahakan agar setiap departemen memiliki keterampilan dalam menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) sehingga apabila sewaktu-waktu terjadi kebakaran, siapapun dapat melakukan penanganan secara darurat.

Pada kesempatan itu Yohanes Bintang Purnomo menjelaskan mengenai tipe-tipe kebakaran beserta tipe-tipe alat pemadam kebakaran yang sesuai dengan kebakaran tersebut.

Menurutnya, hal itu sangat penting dilakukan agar dalam penanggulangan kebakaran dapat dilakukan dengan efektif.

CV. Difa Perkasa juga membantu melakukan pengecekan ketersediaan sistem pengamanan, seperti fire alarm dan APAR. CV. Difa Perkasa memastikan seluruh sistem yang ada memenuhi standar dan berfungsi dengan baik.

Yohanes selaku founder dan juga pemateri pada pelatihan ini menyarankan agar seluruh tempat umum, khususnya hotel harus memiliki sistem keamanan yang baik.

Manager Kotta Hotel Semarang, Firdha Lail Agusta menyampaikan, Kotta Hotel Semarang melaksanakan pelatihan ini sebagai bentuk upaya peningkatan fasilitas dibidang keamanan.

Ia mengatakan bahwa dalam menciptakan lingkungan yang nyaman salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan membangun sistem keamanan yang baik.

Pelatihan penanganan kebakaran yang telah dilaksanakan ini memberikan pengetahuan serta pengalaman bagi karyawan sebagai simulasi mengatasi adanya bahaya kebakaran.

Karyawan Kotta Hotel diminta untuk dapat melakukan pemadaman api menggunakan beberapa alat pemadaman kebakaran, seperti APAR, selimut api, dan handuk basah.

Hasil dari pelatihan ini, setiap departemen Kotta Hotel Semarang sudah terampil dalam menggunakan Alat APAR, selimut api, dan juga handuk basah.

Ning S