blank
PENGARAHAN - Kepala Dinas Pe ndidikan dan Kebudayaan Kota Tegal, M Ismail Fahmi memberikan pengarahan saat pembukaan lomba. (foto: istimewa)

KOTA TEGAL (SUARABARU.ID) – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal, M Ismail Fahmi meminta guru dalam melaksanakan tugasnya harus profesional.
Hal tersebut disampaikan saat membuka Lomba Guru dan Kepala Sekolah Berprestasi dan Lomba Apresiasi Guru TK Paud dan Pendidikan Masyarakat (Non Formal) Berprestasi, Selasa (11/07/2023) di Ruang Pertemuan SD Ihsaniah 1 Kota Tegal.

“Seorang guru atau instruktur tidak hanya dituntut memiliki kemampuan edukatif tetapi juga harus memiliki kepribadian yang dapat diandalkan, sehingga menjadi sosok panutan bagi siswa, keluarga maupun masyarakat,” ucap M Ismail Fahmi.

Dia juga mengingatkan terkait kebijakan pembangunan yang meletakkan pengembangan sumber daya manusia (SDM) sebagai prioritas pembangunan nasional, kedudukan dan peran guru semakin bermakna strategis dalam mempersiapkan SDM yang berkualitas dalam menghadapi era global.

Dia juga menjelaskan, pemilihan guru, siswa, kepala sekolah dan pengawas berprestasi dimaksudkan antara lain untuk mendorong motivasi, dedikasi, loyalitas dan profesional yang di harapkan akan berpengaruh positif pada kinerja dan prestasi.

Prestasi tersebut akan terlihat dari kualitas lulusan satuan pendidikan sebagai SDM yang berkualitas, produktif dan kompetitif. Lomba direncanakan berlangsung dari 11 Juli sampai 13 Juli 2023 dan diikuti 62 peserta yang terdiri dari Kepala Sekolah Jenjang TK, Kepala Sekolah Jenjang SD, Kepala Sekolah Jenjang SMP, Guru Jenjang TK, Guru Jenjang SD dan Guru Jenjang SMP. Sedangkan untuk kategori Pendidikan Masyarakat (Dikmas) ikuti oleh peserta lomba dari Pendidik/Instruktur/Pengelola PAUD, PKBM, LKP sebanyak 33 Peserta.

Sutrisno