blank
Perwakilan Kontingen Jateng menerima piala juara umum pada even Jumbara Nasional 2023 di Kalianda, Lampung. Foto: Humas PMI Jateng

LAMPUNG SELATAN (SUARABARU.ID)  – Jawa Tengah tampil sebagai juara umum dalam Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) Palang Merah Remaja yang digear di Kalianda, Lampung Selatan, Provinsi Lampung 2-10 Juli 2023.

Ketua Palang Merah Indonesia Jawa Tengah, Sarwa Pramana menyebut, kemenangan ini kontingen Jawa Tengah ini merupakan kabar baik sekaligus tantangan untuk mempertahankan. “Tidak perlu jumawa karena ini sifatnya evaluasi hasil belajar,” ujar Sarwa Pramana dalam keterangan resminya.

Hal itu diungkapkan Sarwa Pramana setelah menerima kedatangan kontingen PMR Jawa Tengah di Pusdiklat PMI Jawa Tengah, Selasa 10 Juli 2023.

Sarwa Pramana berpesan dengan prestasi yang diraih PMR Jawa Tengah ini menjadi motivasi untuk berperan nyata di lingkungan sekitar.

“Saya juga berpesan agar hasil Jumnas di Lampung menjadi motivasi untuk berkarya nyata, berperan di sekolah atau lingkungan masing-masing,” ungkap Sarwa.

Dia meminta, anggota PMR harus bisa membuktikan bahwa ikut PMR itu banyak sekali manfaatnya, meningkatkan kreatifitas, dan prestasi.

Berbagai Provinsi dan Negara

Kegiatan Jumbara ini digelar pada 2-10 Juli 2023 di Kalianda, Provinsi Lampung ini diikuti kontingen PMR dari berbagai provinsi di Jawa Tengah. Juga 12 negara sahabat hadir dalam kegiatan ini.

Kontingen PMR Jawa Tengah meraih gelar juara umum dengan perolehan skor 92,36.

DKI Jakarta meraih peringkat pertama kedua dengan nilai 89,67. Disusul Bali dengan peringkat pertama ketiga dengan skor 88,69.

Beberapa provinsi lain juga menduduki peringkat yang sama yakni di Banten, Yogyakarta, Bengkulu, Jawa Barat, Gorontalo dan Sumatera Utara.

Grobogan Ikut Harum

PMR Kontingen Jawa Tengah membawa 47 orang inti dan pendukung serta peninjau. Total jumlah anggota yang turut dalam Jumbara ini ada 102 orang.

Dari jumlah itu, salah satu peserta PMR kontingen Jawa Tengah yakni Bella Wahyu Hestiningsih dari Grobogan.

blank
Ketua PMI Jawa Tengah Sarwana berfoto bersama peserta setelah kedatangan mereka dari Lampung Selatan. Foto: Humas PMI

Dengan keterlibatan Bella Wahyu Hestiningsih ini, secara langsung nama Grobogan turut harum atas prestasi yang diraih PMR Kontingen Jawa Tengah ini.

“Alhamdulilah, PMR Kontingen Jawa Tengah juara umum di ajang Jumbara. Satu dari peserta kontingen ini adalah anggota kami di PMR Grobogan,” ujar Kasi Pelayanan PMI Grobogan, Gesit Kristyawan di Grobogan.

“Kami turut bangga dengan mengirimkan Bella Wahyu Hestiningsih ke ajang Jumbara ini diharapkan bisa menjadi contoh bagi anggota PMR lain di Grobogan,” tambah Gesit.

Tya Wiedya