JEPARA (SUARABARU.ID) – Setelah menempuh pendidikan selama 6 bulan, akhirnya Calon Guru Penggerak (CGP) angkatan 7 jenjang TK, SD, SMA, SMK, dan SLB se-Kabupaten Jepara mengakhirinya dengan menggelar Festival Panen Hasil Belajar Lokakarya 7 di Gedung Wanita Jalan HOS Cokroaminoto Jepara, Awal bulan Juli 2023.

Berbeda dengan angkatan sebelumnya yaitu PGP Angkatan 5 yang diikuti oleh 31 Pengajar Praktik dan 167 Calon Guru Penggerak, panen hasil belajar ini adalah kali kedua dilaksanakan di kabupaten Jepara.

Kegiatan Balai Besar Guru Penggerak Provinsi Jawa Tengah ini dibuka Kepala Dinas Pendidikan Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Jepara, Agus Tri Harjono, S.H., M.M.. Hadir juga Komisi C DPRD Kabupaten Jepara Nurhidayat, Kabid PTK, Kabid SD, sejumlah kepala sekolah, pengawas, dan 30 Pengajar Praktik dan 151 Calon Guru Penggerak. Bahkan ada beberapa fasilitator dari Cilacap yang turut hadir

Dalam sambutannya, Kepala Disdikpora Agus Tri Harjono menyampaikan bahwa berdasarkan Permendikbudristek no 40 tahun 2022 tentang Merdeka Belajar, pengisian Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah pada semua jenjang diutamakan lulusan Guru Penggerak.

Namun karena CGP masih banyak yang golongan III a, sehingga masih perlu dipadukan dengan guru senior yang yang golongannya lebih tinggi dengan masa satu periode dan untuk selanjutnya dievaluasi.

Selanjutnya BBGP Provinsi Jawa Tengah yang diwakili Samsuri, M.Pd menyerahkan sepenuhnya CGP kepada Kepala Bidang PTK Disdikpora, Susanto, S.Sos. M.M. dan BBGP memfasilitasi urusan kepala sekolah.

Hal yang paling penting dengan adanya Program Guru Penggerak ( PGP ) ini adalah menerapkan merdeka belajar yang sudah digagas dalam kurikulum Merdeka sehingga lebih intensif dalam memberikan kegiatan mengajar yang tergerak, bergerak dan menggerakan. Maju terus pendidikan di Kabupaten Jepara

Hadepe – R. Tri Yudi Sulistyo, S.S., M.Pd