JEPQRA(SUARABARU.ID) – Pesta lampion akan mewarnai rangkaian acara sedekah bumi Desa Suwawal, Kecamatan Mlonggo. Bazar usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang mulai digelar Sabtu (8/7/2023) pagi di lapangan samping balai desa, menandai dimulainya acara tersebut. Berbagai produk UMKM, disediakan untuk para pengunjung.


Petinggi Suwawal Arief Ma’sum mengatakan, rangkaian acara sedekah bumi di desanya digelar dua hari, pada atau hingga Ahad malam, 9 Juli 2023. Selain bazar, hari pertama diisi dengan lomba mewarnai, kegiatan social doinor darah, hingga pelayanan pos binaan terpadu (Posbindu) dan pos Remaja Milenial.

“Itu berlangsung dari pagi sampai sore hari ini. Sedangkan malam nanti ada pentas musik akustik dan pesta lampion,” kata Arief Ma’sum bersama ketua panitia Muhammad Kholiq.
Sementara kegiatan berlatar belakang religi dan budaya digelar pada hari kedua, Ahad, 9 Juli 2023. Rangkaian itu dimulai dengan ziarah kubur ke makam sesepuh desa hingga hataman Al-Qur’an dari pagi sampai siang hari. Selepas siang, dilanjutkan dengan pawai ancak yang akan menyusuri jalan desa, menjangkau seluruh wilayah di desa tersebut. Selurub RT berpartisipasi dalam pawai ini.

Menurut Arief Ma’sum, pawai ini akan berakhir di balai desa, dilanjutkan dengan doa bersama/istigasah. “:Pentas wayang kulit semalam suntuk menutup rangkaian sedekah bumi di wilayah kami. Ini sesuai tradisi kami bahwa puncak sedelah bumi dilaksanakan pada Senin Pahinb atau Kamis Pabing di bulan Besar. Wayang kulit itu, kan, sudah masuk malam Senin Pahing,” tambahnya.

Hadepe