Sekretaris Daerah (Sekda) Jepara Edy Sujatmiko bersama Wakapolres Jepara Kompol Berry, Kasdim 0719/Jepara Mayor Sarifudin Widianto dan Ketua KONI Jepara Samsul Anwar

JEPARA (SUARABARU.ID) – Sebagai salah satu tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah, Jepara harus mampu mengoptimalkan event tersebut untuk meningkatkan prestasi atelt daerah, tetapi juga memanfaatkan untuk menggerakkan perekonomian daerah.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Jepara Edy Sujatmiko saat memimpin rapat koordinasi persiapan pelaksanaan Porprov 2023 di Ruang Rapat Sosrokartono Jepara, Kamis (6/7/2023).

Kegiatan ini diikuti Ketua KONI Jepara Samsul Anwar, jajaran penyelenggara, serta perwakilan cabang olahraga. Dari unsur Forkopimda, hadir Wakapolres Jepara Kompol Berry dan Kasdim 0719/Jepara Mayor Sarifudin Widianto.

Menurut Edy Sujatmiko, dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah ini ada ribuan atlet dan ofisial yang hadir ke Jepara, belum termasuk perangkat pertandingan, keluarga atlet, dan suporter.

Edy Sujatmiko yang juga Ketua Pelaksana Porprov Jateng 2023 Kabupaten Jepara menyebut, banyaknya cabang olahraga yang dipertandingkan di Jepara adalah potensi ekonomi yang besar.

“Kita bukan hanya akan kedatangan 1500-an atlet, pelatih, dan ofisial, tapi akan hadir juga keluarga atlet dan penonton. Ini bisa menggerakkan UMKM. Kalau entertain-nya kita kemas dengan baik, justru akan mendatangkan uang. Bukan sebaliknya, membebani APBD,” terang Edy Sujatmiko.

Hal itu dia katakan untuk merespons laporan terkait persiapan menggelar UMKM, bazar, dan hiburan. Ada sejumlah pos biaya yang dilaporkan mungkin perlu dialokasikan untuk menggelar kegiatan tersebut.

“Justru dengan potensi itu, kita bisa mendatangkan sponsor, dan yang berjualan bisa laku. Di kota-kota besar, pedagang di event seperti ini bisa membayar sewa tenda. Kita pun tentu bisa,” tandasnya.

Dia mencontohkan event Kejuaraan Renang Antarperkumpulan Provinsi (Krapprov) Jawa Tengah Piala Bupati Jepara V di kolam renang kompleks olahraga Gelora Bumi Kartini Jepara pada pekan lalu, yang berhasil mendatangkan UMKM berbayar untuk mendukung penyelenggaraan kegiatan.

“Ada 508 perenang yang datang dengan keluarga. Hotel mendapat tamu, dan mereka juga belanja. Bahkan ada atlet yang menginap di hotel bersama keluarganya. Silakan belajar ke panitia Krapprov,” tandas Edy Sujatmiko

Porprov Jateng 2023 berlangsung di Pati Raya pada 5 sampai 11 Agustus 2023. Sebanyak 11 cabang olahraga akan dipertandingkan di Kabupaten Jepara. Terdapat 14 venue yang dipersiapkan.

“Kompleks GBK dengan 6 cabang olahraga, bisa dipilih sebagai lokasi bazar UMKM. Kalau yang disediakan sesuai kebutuhan atlet dan penonton, pasti laku,” katanya.

Kesebelas cabang olahraga yang dipertandinggkan di Jepara adalah sepakbola, sepak takraw, futsal, renang, dan balap sepeda. Berikutnya pentanque, dansa, selam, squash, triathlon, dan woodball.

Hadepe – Bakopi