Petugas saat melakukan evakuasi sarang tawon vespa. Foto: Ali Bustomi

KUDUS (SUARABARU.ID) – Nasib naas dialami Nasikin (42), warga Dukuh Klisat, Desa Mijen, Kecamatan Kaliwungu. Pria paruh baya ini meninggal dunia setelah disengat tawon vespa yang bersarang di atap rumahnya.

Camat Kaliwungu, Satria Agus Himawan saat dihubungi awak media, Rabu (5/7) mengatakan peristiwa tersebut terjadi saat korban menjumpai ada sarang tawon di atap rumahnya, Selasa (4/7).

Melihat hal tersebut, korban berinisiatif membersihkan tawon tersebut. Dengan perlengkapan seadanya yakni helm dan baju tebal, korban kemudian berusaha mengusir tawon tersebut dengan melempari sarangnya dari bawah.

Tak puas dengan cara tersebut, korban kemudian naik ke atap rumah dan untuk membuang sarang tawon tersebut. Di saat itulah petaka terjadi yang mana ratusan tawon yang marah kemudian menyerang korban.

Tawon-tawon tersebut bahkan masuk dan menyengat tubuh korban melalui sela-sela helm dan baju tebal yang dipakai.

“Korban yang kesakitan kemudian dilarikan ke RS Kumalasiwi. Pada pukul 23.30 WIB, korban sesak nafas dan tak sadarkan diri dan akhirnya meninggal dunia,”kata Satrio.

Korban yang menghembuskan nafas terakhir akhirnya dimakamkan pagi tadi. Sementara, sarang tawon yang tersisa kemudian dibersihkan oleh petugas dari BPBD Kudus.

“Kami mengimbau semua masyarakat yang menemui tawon vespa, untuk menghubungi petugas dan jangan mengevakuasi sendiri karena sangat berbahaya,”ujar Satrio.

Ali Bustomi