SEMARANG (SUARABARU.ID) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat ada kenaikan volume pelanggan yang signifikan pada periode long weekend Idul Adha 2023.
Pada periode Selasa (27 Juni) hingga Minggu (2 Juli), volume pelanggan kereta api jarak jauh mencapai 943.650 pelanggan atau rata-rata 157.275 pelanggan per hari, naik 68% dibanding periode yang sama awal Juni, yakni Selasa (6 Juni) hingga Minggu (11 Juni) sebanyak 563.142 pelanggan atau rata-rata 93.857 pelanggan per hari.
“Puncak arus keberangkatan pada periode long weekend tersebut yaitu pada Selasa (27/6) dengan jumlah pelanggan sebanyak 159.884 pelanggan. Sedangkan puncak arus balik terjadi pada Minggu (2/7) dengan jumlah pelanggan sebanyak 181.737 pelanggan,” ungkap VP Public Relations KAI, Joni Martinus melalui keterangan tertulisnya, Senin (3/7/2023).
Adapun 10 KA dengan volume terbanyak yaitu:
1. KA Argo Parahyangan (Gambir – Bandung pp): 110.784 pelanggan.
2. KA Serayu (Pasarsenen – Purwokerto pp): 69.738 pelanggan.
3. KA Airlangga (Pasarsenen – Surabaya Pasarturi pp): 68.624 pelanggan.
4. KA Sancaka (Yogyakarta – Surabaya Gubeng pp): 65.911 pelanggan.
5. KA Putri Deli (Medan – Tanjungbalai pp): 63.621 pelanggan.
6. KA Joglosemarkerto (melingkar Jawa Tengah): 55.686 pelanggan.
7. KA Kaligung (Semarang Poncol – Cirebon Prujakan pp): 52.163 pelanggan.
8. KA Sri Tanjung (Lempuyangan – Ketapang pp): 51.245 pelanggan.
9. KA Kahuripan (Kiaracondong – Blitar pp): 50.191 pelanggan.
10. KA Ambarawa Ekspres (Semarang Poncol – Surabaya Pasarturi pp): 50.091 pelanggan.
Joni mengatakan, untuk mengakomodasi peningkatan volume pelanggan pada periode long weekend tersebut, KAI menambah 18 perjalanan kereta api jarak jauh. Sehingga total ada 1.340 kereta api jarak jauh yang melayani masyarakat untuk momen libur panjang.
Menurut Joni, antusiasme masyarakat dalam menggunakan kereta api selama libur panjang akhir pekan ini juga dipengaruhi oleh promo yang KAI sediakan, yaitu promo Anti Jaim (Kejutan Trip Juni Asyik Melimpah) dengan diskon hingga 25% yang berlaku untuk keberangkatan 25 Juni hingga 9 Juli 2023. Total tiket promo Anti Jaim yang terjual yaitu sebanyak 27.215 tiket atau melebihi 46% dari tiket yang disediakan sebanyak 18.676. KAI menambah kuota promo Anti Jaim karena minat masyarakat sangat tinggi.
Diketahui, KAI menerapkan perpanjangan pemesanan tiket H-45 sebelum keberangkatan terhitung mulai 1 Juli 2023 hingga ada kebijakan yang terbaru lagi. Sebelumnya pemesanan tiket dilakukan hingga H-30.
Kepada para pelanggan KAI, pihaknya menyampaikan terima kasih dipilihnya transportasi kereta api selama libur long weekend Idul Adha, dan tetap berkomitmen menyediakan angkutan kereta api yang aman, selamat, nyaman, dan sehat.
Di bawah ini data jumlah penumpang selama liburan Idul Adha:
23/6 = 140.161 pnp
24/6 = 140.572 pnp
25/6 = 158.575 pnp
26/6 = 142.309 pnp
27/6 = 159.884 pnp
28/6 = 157.953 pnp
29/6 = 129.664 pnp
30/6 = 153.360 pnp
1/7 = 161.052 pnp
2/7 = 181.737 pnp
KA Favorit di masa liburan Idul Adha:
1. KA Argo Parahyangan relasi Gambir – Bandung /PP: 110.784 penumpang.
2. KA Sri Lelawangsa relasi Medan – Binjai /PP: 82.634 penumpang
3. KA Serayu relasi Pasar Senen – Purwokerto: 69.738 penumpang.
4. KA Airlangga relasi Pasar Senen – Surabaya Pasar Turi /PP: 68.624 penumpang.
5. KA Pandanwangi relasi Jember – Banyuwangi / PP: 66.983 penumpang.
Ning S