blank
Pelanggan kereta api (KA) sedang menanti KA yang membawanya ke tujuan pada  libur Idul Adha  yang berlangsung 26 Juni – 2 Juli 2023. (Dok/KAIdaop6)

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – PT KAI Daop 6 Yogyakarta melayani 302.664 pelanggan kereta api (KA) pada  libur Idul Adha  yang berlangsung 26 Juni – 2 Juli 2023. Para pelanggan berangkat dari serta datang pada seluruh stasiun di wilayah Daop 6 Yogyakarta.

Puncak keberangkatan maupun kedatangan 25.192 pelanggan datang/ tiba di semua stasiun Daop 6 berlangsung pada 2 Juli 2023.

“Jika dirinci total keberangkatan dari semua stasiun Daop 6 sebanyak 148.779 pelanggan. Sedangkan total kedatangan pelanggan di semua stasiun Daop 6 sebanyak 153.885 pelanggan. Secara keseluruhan, Daop 6 telah melayani 302.664 pelanggan di seluruh stasiun,” ungkap Manager Humas Daop 6 Yogyakarta Franoto Wibowo dalam keterangan pers yang diterima Suarabaru.id di Solo, Senin (3/7/2023).

Volume keberangkatan dan kedatangan penumpang secara mayoritas, lanjut  Franoto Wibowo,  terjadi di empat stasiun. Yakni stasiun Yogyakarta, Lempuyangan, Solobalapan, dan Klaten. Stasiun Yogyakarta menjadi tersibuk dengan melayani total 138.013 pelanggan baik datang maupun pergi.

Adapun rinciannya 1. Stasiun Yogyakarta, total 67.634 pelanggan berangkat, 70.379 datang/tiba; 2. Stasiun Lempuyangan, total 34.274 pelanggan berangkat, 34.070 datang/tiba ; 3. Stasiun Solobalapan, total 21.800 pelanggan berangkat, 22.978 datang/tiba dan 4. Stasiun Klaten, total 8.094 pelanggan berangkat, 8.783 datang/tiba

Secara umum angkutan KA penumpang selama libur Idul Adha ini berlangsung lancar meskipun sempat ada hambatan akibat dampak dari Gempa Bumi yang mengguncang wilayah Daop 6 Yogyakarta. Daop 6 dengan cepat mengantisipasi hal tersebut sehingga tidak terlalu menggangu perjalanan KA.

Satu hal yang masih menjadi perhatian yaitu jumlah barang tertinggal yang masih terbilang cukup banyak yaitu 18 barang dengan taksiran nominal sekitar Rp 41.850.000 selama periode 26 Juni-2 Juli 2023. Adapun barang-barang tersebut di antaranya berupa hp, laptop, koper, tas, laptop, charger, power bank, hingga emas.

Daop 6 berharap pada momen berikutnya para pelanggan dapat lebih berhati-hati lagi. ”Daop 6 Yogyakarta mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelanggan yang telah menggunakan kereta api selama periode angkutan KA libur Idul Adha. Terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan pelanggan. Semoga KAI khususnya Daop 6 Yogyakarta dapat terus melayani lebih baik,” kata Manager Humas Daop 6 Yogyakarta.

Bagus Adji