blank
Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Tengah menggelar War On Drugs 2023 Fondo dengan menyelenggarakan gowes. Foto: Ning S

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Tengah menggelar War On Drugs 2023 Fondo dengan menyelenggarakan ‘Gowes’, Minggu (2/7/2023).

Kegiatan tersebut merupakan peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2023, yang diperingati oleh negara-negara di dunia pada tanggal 26 Juni setiap tahunnya.

Untuk gate start dan finish gowes sendiri dilaksanakan di Lapangan Metro Point Kota Lama Semarang.

Kepala BNNP Jawa Tengah, Brigjen. Pol. Drs. Heru Pranoto, M.Si. berharap, kegiatan ini bisa memberikan dampak positif dengan war on drugs.

Heru juga berharap kegiatan ini bermanfaat dan semuanya mendapatkan nikmat sehat.

Pada kesempatan itu Heru juga menyapa para peserta gowes diantaranya dari Aceh, Jakarta, Kudus, Jepara dan lainnya.

Total peserta nasional dan internasional yang mengikuti berjumlah 156 orang dengan 5 kategori yaitu Men Elite (Atlet), Master A, Master B, Master C dan Women Open.

Sementara rute yang dilalui antaralain Kota Lama Semarang – Karangawen Kabupaten Demak – Gubug Kabupaten Grobogan – Tuntang Kabupaten Semarang – Ungaran Kabupaten Semarang – Kota Lama Semarang sepanjang kurang lebih 100 KM.

Adapun jarak perlombaan King Of Mountain (KOM) race yang ditempuh 23,3 Km dengan Elevation Gain 587 Meter dan Elevation Loss 149 Meter.

Dikatakan, BNN sebagai leading institution dalam Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) mengajak seluruh masyarakat Indonesia dan dunia untuk bersama-sama melakukan aksi nyata dalam perang melawan narkotika, War On Drugs, untuk mewujudkan cita-cita bersama, yaitu Indonesia Bersinar (Bersih narkoba).

Sebelumnya, Hari Anti Narkotika Internasional atau International Day against Drug Abuse and Illicit Trafficking diperingati oleh negara-negara di dunia pada tanggal 26 Juni setiap tahunnya,
untuk memperkuat aksi dan kerja sama dalam mencapai dunia yang bebas dari penyalahgunaan narkotika.

Tanggal tersebut ditetapkan berdasarkan Resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Nomor: 42/112 pada 7 Desember 1987, sebagai hari internasional menentang penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika.

Peringatan HANI juga dilakukan sebagai bentuk keprihatinan dunia terhadap korban penyalahgunaan narkotika sekaligus wujud perlawanan terhadap salah satu kejahatan luar biasa (extraordinary crime) yang menjadi tantangan negara-negara di seluruh dunia.

Peringatan HANI menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran akan masalah utama yang ditimbulkan oleh narkotika, yaitu loss generation.

Pada tahun 2023, HANI mengusung tema internasional “People first stop stigma and discrimination, strengthen prevention”, sedangkan tema nasional HANI adalah “Akselerasi War On Drugs Menuju Indonesia Bersinar”.

Puncak peringatan HANI 2023 dilakukan oleh BNN RI bersama dengan seluruh elemen bangsa serta perwakilan negara-negara sahabat di Garuda Wisnu Kencana, Badung Bali, pada Senin (26/6/2023) lalu.

Ning S