blank
SERAHKAN - Walikota Tegal, Dedy Yon Supriono menyerahkan sapi kepada pengurus Masjid Ats Tsumery Kota Tegal. (Foto: Istimewa)

KOTA TEGAL (SUARABARU.ID) – Menyambut Hari Raya Idul Adha 2023, Pemerintah Kota Tegal menyerahkan dua ekor sapi kepada Masjid Agung dan Masjid Ats Tsumery Kota Tegal, Kamis (27/6/2023)

Dua ekor sapi diserahkan masing-masing oleh Walikota Tegal, Dedy Yon Supriyonondi Masjid Ats Tsumery Jalan Mataram Kota Tegal, usai solat Idul Adha didampingi Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal kepada pengurus.

Satu sapi berikutnya diserahkan oleh Pj Sekda Kota Tegal, Agus Dwi Sulistyantono usai sholat Idul Adha kepada Ketua Yayasan Masjid Agung, Ustadz Nursidik. “Semoga ini memiliki nilai manfaat bagi masyarakat sekitar,” ujar Dedy Yon saat memberikan sapi kepada perwakilan pengurus Masjid Ats Taumery, Imam Sadzali.

Terpisah, Walikota Tegal dalam sambutan yang dibacakan oleh Pj Sekda di Masjid Agung menyampaikan bahwa hari Raya Idul Adha yang berbeda versi Pemerintah dan Muhammadiyah, Alhamdulillah tidak sampai dijadikan alat perpecahan umat muslim di Indonesia. “Perbedaan atau furu’iyah ini jangan dijadikan alat perpecahan, tetapi jadikanlah perbedaan ini letak keindahan Islam,” paparnya.

Hari Raya Idul Adha, adalah hari besar kemanusiaan dan keimanan, yang ditandai dengan syi’ar penyembelihan hewan kurban untuk mengenang peristiwa pengorbanan Nabi Ibrahim setelah beliau menerima wahyu Illahi, yang memerintahkan beliau menyembelih putranya, Ismail AS.

“Sungguh menjadi sebuah ujian keimanan yang amat sukar dan berat dilaksanakan, bahkan tidak terbayangkan dari segi kemanusiaan. Spirit pengorbanan dengan bobot sekaliber Nabi Ibrahim saat menyembelih sang anak, Ismail adalah langka dalam konteks kekinian, ia menjadi kemustahilan bahkan keajaiban,” pungkas Agus.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Tegal, Zaenal Asikin menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Tegal memberikan dua ekor sapi. “Satu ekor untuk masjid Ats Tsumery, satu untuk Masjid Agung, semuanya dari anggaran APBD Kota Tegal melalui Walikota Tegal dan Pj sekda,” ujar Zaenal.

Sutrisno