blank
Wakapolres Wonogiri Kompol Andi M Akbar Mekuo (kiri), bersama aparat keamanan dan personel dari dinas terkait, Rabu (28/6), memberikan pelayanan secara all out pengamanan perayaan Idul Adha 1444 H/2023M.(Dok. Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Jajaran Polres Wonogiri pimpinan Kapolres AKBP Andi M Indra Waspada, Rabu (28/6), secara all out memberikan pelayanan pengamanan perayaan Idul Adha 1444H/2023 M. Yakni pengamanan salat berjamaah dan pelaksanaan takbiran.

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, menyatakan, pengamanan melibatkan berbagai satuan, termasuk jajaran Satlantas pimpinan Kasat Lantas AKP Maryono. Secara teknis, pengamanan dipimpin Wakapolres Kompol Andi M Akbar Mekuo.

Pemberian pelayanan pengamanan oleh jajaran Polres, menjadi wujud nyata bahwa aparat keamanan selaku institusi pemerintah hadir dengan tujuan untuk menciptakan situasi yang kondusif. Agar umat Islam yang melaksanakan ibadah Salat Idul Adha merasa aman, tenteram, damai dan terjauhkan dari ancaman gangguan keamanan.

Pengamanan dilakukan bersama Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satpol-PP. Termasuk pengalihan arus lalu lintas. Ini dilakukan, karena ada lokasi Salat Idul Adha yang menggunakan ruas jalan raya.

Juga melakukan pengamanan dan pengaturan parkir kendaraan, agar tertib tidak memacetkan arus lalu lintas, dan aman dari ancaman tindak pidana pencurian kendaraan bermotor (Curanmor).

Serentak

Sebagaimana diberitakan, Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kabupaten Wonogiri, Rabu (28/6), menggelar Salat Idul Adha serentak di 102 lokasi yang tersebar di sejumlah wilayah kecamatan di Kabupaten Wonogiri.

Personel Polres Wonogiri bersama aparat keamanan terkait, fokus mengamankan di 4 lokasi wilyah Kota Wonogiri. Terdiri atas Salat Idul Adha di depan Makodim 0728 Wonogiri, Stadion Pringgondani, Lapangan Bantarangin Wonoboyo dan di Masjid Al Mukhlisun Lingkungan Kerdukepik, Kota Wonogiri.

Kemudian pengamanan lokasi Salat Idul Adha yang berada di wilayah kecamatan dan desa, dilakukan oleh seluruh Polsek bersama jajaran Forkompimcam termasuk unsur TNI dari tingkat Koramil.

Kasi Humas Polres AKP Anom Prabowo, menambahkan, pengamanan secara all out juga akan dilakukan lagi pada pelaksanaan Salat Idul Adha yang akan digelar Kamis (29/6) besok. Juga pengamanan jalannya takbiran yang dilaksanakan Rabu malam (28/6) nanti sampai Kamis dinihari (29/6).
Bambang Pur