blank
Para relawa siaga bencana dari FPRB, melakukan pelatihan peningkatan kecakapan dan ketrampilan penanggulangan bencana di kawasan Wono Asri Hutan Seper, Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Pelatihan para relawan siaga bencana dari Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB), Senin (26/6), digelar di Taman Wono Asri Hutan Seper, Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri.

Ikut hadir dalam kegiatan ini, Danramil-15 Jatipurno Kodim 0728 Wonogiri yang diwakili Sertu Mariono, Kapolsek Jatipurno yang diwakili Brigadir Dedi Irawan bersama unsur Forkompimcam. Juga hadir personel dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Korlap Forum Relawan Independen, Kepala Kelurahan Balepanjang dan aparat dari Perhutani.

Penerangan Kodim 0728 Wonogiri, Pelda Indra, mengabarkan, pelatihan yang dilaksanakan untuk peningkatan kapasitas dan kemampuan relawan dalam mengatasi bencana alam. Tujuannya, manakala terjadi bencana alam, para relawan dengan kecakapan dan ketrampilan yang dimiliki, sudah siap untuk tampil memberikan pertolongan.

Babinsa Sertu Mariono, sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan sebagai bentuk kesiapsiagaan relawan di wilayah Kecamatan Jatipurno, demi terwujudnya ketangguhan masyarakat dalam menghadapi bencana secara terarah, terencana, terpadu, dan terkoordinasi.

Diharapkan, para relawan memiliki kesiapan dan kemampuan, untuk menangani dan memberikan pertolongan pada kejadian bencana. Juga berperan dalam upaya pengurangan resiko bencana, demi meminimalisir terjadinya korban bencana.
Bambang Pur