blank
JULEHA - Hari Raya Idhul Adha 1444 Hijriya, Kabupaten Brebes siapkan ratusan Juleha. (Foto: Istimewa)

BREBES (SUARABARU.ID) – Menyambut Hari Raya Idhul Adha 1444 Hijriyah, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Brebes menyiapkan 290 Juru Sembelih Halal (Juleha).

Mereka tersebar di berbagai desa dan kelurahan di Kabupaten Brebes. Dan untuk meningkatkan kapasitas para Juleha dengan tajuk Pelatihan Kewirausahaan Juleha Minlenial. Pelatihan menggandeng Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan (BBPKH) Cinagara Bogor.

Pelatihan dibarengkan dengan launching program Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) Rumah Potong Hewan (RPH) Brebes, Jatibarang dan Ketanggungan, di RPH Jatibarang, Brebes, Rabu (21/6/23) lalu.

Pj Bupati Brebes, Urip Sihabudin SH MH berharap para Juleha, bisa menyebarkan ilmunya dan membantu masyarakat yang akan berkurban. Mereka bisa memberikan sosialisasi kepada para tukang jagal hewan kurban, baik sapi maupun kambing yang ada di masjid-masjid maupun mushala.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) drh Ismu Subroto menyampaikan, Bimtek Juleha digelar karena masih banyak tukang jagal yang masih salah dalam menyembelih. “Kadang masih ada hewan kurban yang disembelih belum mati, sudah ditusuk jantungnya dan dikuliti. Ini jangan sampai terjadi lagi,” jelasnya.

Dengan Bimtek Juleha, lanjut Ismu, daging kurban yang telah disembelih dan dibagikan pada warga dalam keadaan aman, sehat dan halal. Apalagi direncanakan ada 3000 ekor sapi dan 34 ribu ekor kambing dan domba yang dikurbankan di wilayah Kabupaten Brebes pada perayaan hari raya Idul Adha mendatang. “Kami harap daging kurban yang diterima masyarakat, aman, sehat dan halal,” pungkasnya.

Turut hadir Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Wilayah Tegal M Taufik Amrozy, Perwakilan Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan (BBPKH) Cinagara Bogor Drh Dwi Windiana, Pimpinan Bank Jateng Cabang Brebes, Asisten II Sekda, para Kepala OPD.

Sutrisno