JEPARA (SUARABARU.ID) – Kondisi Pandu Sugiarto, bocah berusia 5.5 tahun yang mengalami luka bakar dan dirawat di Rumah Sakit Islam Sultan Hadlirin, mengetuk hati keluarga besar RSI Sultan Hadlirin Jepara untuk turut serta meringan beban musibah yang dialami oleh Pandu dan keluarga.

Melihat kondisi ini, Ketua UPZ (Unit Pengumpul Zakat) RSI Sultan Hadlirin Ns. Sholekan, S.Kep bersama beberapa pengurus UPZ dan ahli gizi mengunjungi Pandu dan keluarganya (24/6/2023) untuk memberikan tali asih. Dan pada kesempatan itu pengurus UPZ bisa bertemu secara langsung dengan ayah dan ibu anak Pandu.

Sholekan menyebutkan bahwa bantuan yang diberikan kepada keluarga korban merupakan donasi yang dihimpun dari para karyawan RSI Sultan Hadlirin Jepara. Diharapkan kiranya penyaluran bantuan dari UPZ ini bisa bermanfaat, meringankan dan juga membantu proses penyembuhan anak Pandu.

“Tali asih kami wujudkan dalam bentuk “homecare” atau paket perawatan pasca pulang dari RSI. Jadi nantinya, setelah anak Pandu pulang, RSI akan mengirimkan perawat yang secara rutin memantau proses penyembuhan sampai kontrol kembali. Insyaallah seluruh biaya perawatan ini akan ditanggung oleh UPZ. Jadi keluarga tidak perlu memikirkan biayanya. Nantinya perawat akan datang ke rumah sesuai dengan saran dari dokter”, ucap Sholekan.

“Kegiatan ini bisa terselenggara atas kontribusi para muzaki di lingkungan RSI. Karenanya saya berharap animo teman-teman di RSI bisa lebih meningkat lagi. Insyaallah, jika yang terkumpul banyak, akan lebih banyak kebaikan dan keceriaan yang bisa kita bagikan kepada sesama yang membutuhkan. Mari zakat di UPZ RSI!!!”, lanjut pria yang bekerja di ruang Muzdalifah ini.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris UPZ, Panji Braja S, SE, menjelaskan bahwa ide paket perawatan ini merupakan hasil diskusi pengurus UPZ dengan memperhatikan usulan dari beberapa donatur yang terhimpun dalam UPZ.

“Kami berharap semoga ide ini bisa bermanfaat bagi keluarga pasien. Sebenarnya dalam diskusi dengan teman-teman, ada dua ide yang tercetus, pertama adalah paket perawatan dan kedua adalah paket nutrisi. Sementara kami fokus di yang pertama dulu dan semoga semoga bisa membantu”, ungkap Panji.

Sebagai informasi bahwa UPZ RSI Sultan Hadlirin Jepara merupakan lahir berdasarkan MoU antara BAZNAS Kabupaten Jepara dengan RSI Sultan Hadlirin Jepara dengan nomor 001.05/M.BAZNAS/VI/2021. Dan dalam praktiknya, UPZ ini menghimpun dan menyalurkan dana zakat, infak dan sedekah karyawan RSI Sultan Hadlirin Jepara.

Hadepe