blank
Lapas Kelas I Semarang bersama staf pengajar dari Fakultas Psikologi Undip menggelar kegiatan Parenting Intervention untuk WBP. Foto: Dok/Lapas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang bersama staf pengajar dari Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro (Undip) Semarang menggelar kegiatan Parenting Intervention.

Kegiatan dilaksanakan selama dua hari yang berlangsung di Aula Serba Guna Lapas Kelas I Semarang ini dalam rangka pengabdian masyarakat di Lapas Kelas I Semarang. Sejumlah warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang berstatus ayah ikut menjadi peserta dalam kegiatan tersebut.

Plt. Kabid Pembinaan, Ahmad Syaifuddin mengaku sangat mendukung kegiatan tersebut, untuk meningkatkan ketahanan keluarga WBP, khususnya yang berstatus ayah.

“Warga binaan disini khususnya yang berstatus seorang ayah, sangat perlu pendampingan parenting. Beberapa WBP mempunyai anak yang masih balita. Materi-materi terkait bimbingan keluarga, perkembangan anak, dan peran ayah akan sangat berguna,” kata Ahmad Syaifuddin, Jumat (23/6/2023).

Dimulai dengan mengisi lembar pre-test, peserta dibagi beberapa kelompok. Materi dipaparkan satu persatu oleh Ketua Pengabdian Fakultas Psikologi, Dr. Phil. Dian Veronika Sakti Kaloeti kepada peserta, yang dibantu oleh Dosen serta mahasiswa S1 dan S2 Fakultas Psikologi Undip.

Diantara judul materi tersebut yaitu Mengenal Lebih Dekat Keluargaku, Perubahan dan Konflik Peran, Peran Ayah, dan lainnya. Untuk menguji peserta, setelah pemberian materi peserta diminta mengisi lembar evaluasi dan lembar post-test.

Diharapkan WBP bisa menerapkan pola asuh yang baik kepada anaknya, mengingat saat menjalani hukuman mereka jarang bertemu.

Ning S