blank

SUARABARU.ID Dosen Fakultas Kedokteran Unissula dr Yani Istadi MMed Ed berhasil meraih gelar doktor. Ia mempresentasikan disertasinya di depan para penguji dalam ujian terbuka promosi doktor di Unnes (9/6/2023).

Disertasinya berjudul model determinan performa akademik mahasiswa program profesi dokter dalam uji kompetensi di wilayah Semarang. Menurutnya uji kompetensi dokter merupakan gambaran dari performa akademik mahasiswa program profesi dokter.

Fakta yang ada sekarang, ditemukannya masalah performa akademik mahasiswa pendidikan profesi dokter yang uji kompetensi masih rendah. “Oleh karena itu perlu diteliti sebuah model determinan/faktor-faktor prediksi yang nantinya dapat memecahkan masalah kelulusan uji kompetensi”, ungkap Yani.

Hasil penelitian didapatkan bahwa performa akademik dapat ditingkatkan melalui pengaruh langsung dari kapabilitas penalaran klinik dan pengaruh tidak langsung dari keterlibatan siswa melalui kapabilitas penalaran klinis.

Para penguji antara lain Prof Dr S Martono, Prof Dr Fathur Rokhman, Prof Dr Widodo, Prof Dr Arief Yulianto, Prof Dr Suwito Eko Pramono, Dr Sungkowo Edy Mulyono, Prof Dr dr Mahalul Azam, dan Prof Dr Tri Joko Raharjo.