blank
Ganjar saat berkomunikasi dengan salah satu koordinator PMR Jateng yang akan berangkat ke Lampung Selatan, mengikuti Jumbara Nasional IX. Foto: hms

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, melepas kontingen Palang Merah Remaja (PMR) Jateng ke Lampung. Para pelajar ini akan mengikuti Jumbara Nasional IX pada 2-10 Juli 2023, di Lampung Selatan.

”Anak-anak PMR itu ada yang SD, ada yang SMP, ada yang SMA. Mereka akan berangkat ke Lampung,” kata gubernur berambut putih itu, di rumah dinas Puri Gedeh, Semarang, Senin (19/6/2023) malam.

Politikus berambut putih ini senang, bisa melepas 38 pelajar yang didampingi 22 pendamping, ke Lampung. Apalagi, mereka sudah memiliki rasa kemanusiaan yang tinggi sejak dini, dan mempunyai keterampilan yang bermanfaat bagi orang lain.

BACA JUGA: Wali Kota Ajak Masyarakat Berdemokrasi dengan Santun

blank
Peserta Jumbara Nasional IX asal Jateng, menyempatkan diri untuk berfoto bersama dengan Ganjar. Foto: hms

”Mereka suka menolong, punya keterampilan dalam pertolongan pertama. Mereka juga belajar aksi kemanusiaan, seperti paham soal donor darah, bahkan bisa mengekspresikan keseniannya,” imbuhnya.

Gubernur Jateng dua periode itu juga mengajak kontingen PMR Jateng, berdiskusi tentang hubungan sosial dan silaturahmi. Ganjar pun turut menyaksikan mereka bernyanyi, bergembira, dan bersukacita.

”Jiwa kemanusiaannya sudah tumbuh, bahkan dari anak-anak SD juga. Dan mereka akan mengekspresikan dirinya dengan segala kecakapan yang mereka miliki, dengan bakat-bakat yang mereka miliki,” tandas dia.

BACA JUGA: Perselisihan PT Dingxin Boga Indonesia dan Mantan Karyawati Berakhir Damai

Diharapkannya, kontingen PMR Jateng mendapatkan banyak teman dari seluruh Indonesia dalam perhelatan Jumbara Nasional. Dia juga berpesan ke pendamping, agar menjaga mereka dengan baik.

”Mereka bisa berbagi pengalaman tentang hal-hal yang baik, seperti kemanusiaan. Maka, inilah budi pekerti yang bisa didapatkan dari PMR. Mereka juga didampingi kawan-kawan PMI dari Jateng. Mudah-mudahan sukses dengan kawan-kawan yang baik hati,” pesan Ganjar.

Riyan